4 Sikap yang bisa diambil untuk Menjaga Kesehatan Mental

Diposting pada 91 views

Mental health atau kesehatan mental adalah kondisi sejahtera seseorang, ketika ia menyadari kemampuan dirinya, mampu untuk mengelola stres serta beradaptasi dengan baik, dapat bekerja secara produktif, dan berkontribusi untuk lingkungannya. Sedangkan gangguan mental merupakan suatu kondisi yang dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stress dan menimbulkan hasrat untuk menyakiti diri sendiri. Ada beberapa jenis gangguan mental antara lain depresi, kecemasan berlebihan, gangguan bipolar, gangguan stres pasca trauma (PTSD), gangguan obsesif kompulsif (OCD), dan psikosis. Penyebab gangguan kesehatan ini bermacam-macam seperti stres yang berkepanjangan atau kekerasan dalam rumah tangga, biusa juga trauma dengan suatu kejadian.

Di Indonesia kesehatan mental masih dianggap stigma bagi beberapa orang, padahal kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap gangguan mental adalah hal yang tabu. Orang yang mempunyai gangguan mental adalah orang gila atau orang kerasukan dan bahkan menganggap orang tersebut jauh dari Tuhan. Kita perlu menggarisbawahi bahwa gangguan kejiwaan merupakan kondisi medis di otak. Akan tetapi beberapa bulan belakangan masyarakat Indonesia mulai sadar akan pentingnya kesehatan mental. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya komunitas, kampanye, dan obrolan di media sosial bahkan film-film yang membahas tentang kesehatan mental.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Sebuah definisi dari ahli menjelaskan bahwa kesehatan mental adalah terwujudnya keharmonisan yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi jiwa, serta mempunyai kesanggupan untuk menghadapi problem-problem yang biasa terjadi. Dari definisi tersebut bahwa apabila seseorang mampu mewujudkan keharmonisan antara fungsi jiwanya seperti berpikir, merasa, dan lain-lain, serta mereka senantiasa berpikir secara positif dan mampu menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi dalam hidupnya.

Baca Juga:  Overthinking dan Cara Mengatasinya

Lalu apa dampaknya jika seseorang tidak menjaga hal-hal yang berdampak negatif bagi kesehatan mental mereka? Mungkin saja mereka akan mengalami gangguan ataupun penyakit mental dan kejiwaan. Contohnya perilaku bunuh diri, bunuh diri adalah perbuatan dengan sengaja, dan bertujuan secara sadar mengambil jiwa sendiri. Perilaku bunuh diri merupakan salah satu ciri bahwa seseorang mengalami gangguan pada mental mereka, karena seseorang yang melakukan tindakan bunuh diri berarti mereka tidak mampu menyesuaikan diri dengan kenyataan yang terjadi. Penyebabnya sendiri bermacam-macam, bisa karena putus cinta, kondisi ekonomi, sakit yang berkepanjangan, dan lain-lain.

Maka dari itu, untuk mengurangi hal-hal negatif yang berdampak buruk pada kesehatan mental seseorang, perlu adanya sikap yang tepat antara lain;

1) sikap menghargai diri sendiri

2) sikap memahami dan menerima keterbatasan diri sendiri dan keterbatasan orang lain

3) sikap memahami kenyataan bahwa semua tingkah laku ada penyebabnya

4) sikap memahami dorongan untuk aktualisasi diri.

Dari keempat sikap tersebut menjadi upaya penting seseorang dalam menjaga kesehatan mentalnya agar terhindar dari gangguan.

Oleh: Afrida Aunil Ilah

Sumber :

– kompasiana.com

– idntimes.com

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash