bazar

HSN 2022: Komplek Q Adakan Bazar Buku Bersama Gramedia

Diposting pada 163 views

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2022, Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q mengadakan bazar buku untuk pertama kalinya. Bazar buku berlangsung selama dua hari, tanggal 22-23 Oktober 2022 yang terbuka untuk kalangan umum. Kegiatan tersebut bertempat di Gedung Baru lantai 1 karena tempat tersebut strategis dan dekat dengan gerbang pondok sehingga memudahkan orang untuk datang melihat maupun membeli buku. Bazar buku dimulai pukul 09.00 sampai 17.00 bagi pengunjung luar dan sampaai pukul 23.00 bagi pengunjung komplek Q sendiri.

Dalam mengadakan bazar buku ini, Komplek Q bekerja sama dengan pihak Gramedia selaku pihak penyedia buku. Acara bazar buku ini menghadirkan 300-an judul buku dan stock 800-an buku dengan diskon 5 – 10 % pada setiap item buku. Berbagai genre mulai dari buku anak-anak, novel, self improvement, islam, umum dan pendidikan dengan harga mulai 30 ribu sampai 200 ribu.

“Kegiatan membaca khususnya di kalangan santri perlu ditingkatkan, terlebih setelah pandemi Covid-19 yang telah dua tahun melanda Indonesia membuat presentase tingkat membaca buku di Indonesia rendah, karena semua orang terfokus pada literasi digital”, ujar salah satu santri Komplek Q.

Baca Juga:  HSN 2022: Komplek Q Gelar Seminar Literasi Digital Pesantren

Tujuan diadakannya bazar buku ini bermaksud untuk meningkatkan literasi membaca buku. Pengunjung pada bazar buku bermacam-macam, mulai dari santri komplek Q, santri komplek lain, dan dari kalangan luar pondok baik putra maupun putri juga ikut memeriahkan kegiatan ini.

Jenis genre novel dan self improvement mengalami penjualan barang yang tinggi. Sehingga dapat kita ketahui bahwa minat baca seseorang pada buku genre novel dan self improvement bisa dikatakan lebih banyak peminatnya diibandingkan dengan minat membaca pada buku bergenre islam,umum, maupun pendidikan. Bahasa yang mudah dan lebih menarik pada novel dan self improvement membuat pengunjung lebih memilih buku tersebut.

Pada tanggal 23 Oktober 2022, selain terdapat bazar buku, Komplek Q juga mengadakan acara bedah buku “Hilda, cinta, luka dan perjuangan” dengan tema Mengkaji Makna Potret Perempuan Pesantren Tangguh karya Muyassarotul Hafidzoh, Alumni santri Pondok Pesantren Ali-Maksum Krapyak Yogyakarta.

Diadakannya bazar buku dan bedah buku ini dimaksudkan, khususnya santri memiliki minat baca yang tinggi dan dapat menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat bagi sesama salah satunya melalui tulisan. Selain novel Hilda, juga terdapat terdapat novel Cinta Dalam Mimpi dan Panduan Fikih Ramah Wanita karya Mbak Muyass yang dijual di bazar buku. Sehingga, khususnya santri dapat lebih termotivasi untuk terus menghasilkan karyanya dengan tetap mengangkat pemahaman agama yang digali dari kitab kuning yang dipelajari.

Oleh: Kuni Maisaroh

Pictured by: Dokumentasi pribadi