Keseruan Membuat Shibori bersama Siswi MI Tahfidz El Muna Q

Diposting pada 128 views

Dalam rangka mengisi kegiatan setelah Penilaian Akhir Semester dan remedi, MI Tahfidz El Muna Q membuat beberapa agenda hingga penerimaan rapor nanti. Agenda pertama yang dilakukan oleh para siswi yaitu shibori pada hari Kamis (12/12). Selain didampingi oleh para guru, kegiatan ini juga didampingi oleh tim Pokja III PKK Singosaren yaitu Ibu Diyah Nuril Arofah, Ibu Eni Qurniati, Ibu Khodijah, dan Ibu Ngatinah.

Sebelum memulai kegiatan, sambutan diberikan oleh salah satu pendamping dari PKK Singosaren. Beliau menjelaskan kepada para siswi pengertian shibori, dilanjutkan dengan penjelasan teori dalam membuat shibori.

Usai sambutan, tim pendamping dari PKK Singosaren dan para guru membagikan kain sebagai bahan untuk shibori kepada para siswa. Selanjutnya mereka diajarkan proses pembuatan shibori yang diawali dengan cara melipat kain, cara mengikatnya dengan karet, dan yang terakhir yaitu cara pemberian warna.

Warna yang digunakan untuk membuat shibori pada kesempatan kali ini adalah warna merah dan orange. Sebelum mencelupkan kain ke dalam pewarna, terlebih dahulu kain yang sudah diikat dimasukkan dalam cairan pengikat warna agar warna tidak mudah luntur.

Penjemuran merupakan proses terakhir yang dilakukan setelah ikatan pada kain dibuka. Para siswi terlihat atusias dalam pembuatan shibori serta mereka bergembira melihat hasil karya mereka yang beraneka ragam.

Oleh: Januika Setiyawanti

Baca Juga:  Santri Ngaji Ekonomi Digital