Komplek Q Selenggarakan Seminar Digital Marketing

Diposting pada 37 views

Selasa, 5 Juli 2022 PP Al-munawwir Komplek Q menyelenggarakan kegiatan Seminar digital Marketing yang bertempat di Mushola barat. Narasumber dari kegiatan ini adalah Mas Muhammad Arif, S.HI, Founder PT Nextup Kolegia Indonesia. Kegaiatan seminar ini didampingi oleh Sayyidah Lathifah selaku moderator. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan setiap kamar, yang berjumlah 58 orang.

Tepat Pukul 15.30 Kegiatan ini dimulai, diawali dengan pembukaan dari moderator yang kemudian membacakan profil narasumber. setelahnya narasumer menyampaikan materi kepada audiens.

“Dalam seminar ini saya akan lebih menekankan praktek daripada penyampaian materi,” Ujar Muhammad Arif.

Selanjutnya Arif menjelaskan bahwa menjadi seorang pengusaha harus memiliki sistem, hal inilah yang menjadi pembeda antara pengusaha dengan pedagang. Bisnis di zaman sekarang dengan zaman dahulu sangatlah berbeda. Di zaman sekarang, ada perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, namun tidak memiliki transportasi, contohnya seperti Gojek. Kemudian, ada juga perusahaan yang bergerak dibidang pendidikan namun tidak memiliki gedung, yaitu Ruang Guru. Ada juga perusahaan yang bergerak di bidang makanan namun tidak memiliki warung, seperti Go food dan Shopefood. Hal ini terjadi di Era Kontekstual di zaman sekarang.

Baca Juga:  Peringati HSN, Sejumlah Santri Komplek Q Ikuti Grebreg Santri di Malioboro

Dalam Seminar ini juga dijelaskan bahwa bisnis online memiliki beberapa kelebihan, yaitu :

  1. Bisa dilakukan oleh siapa saja
  2. Bisa dilakukan dari mana saja
  3. Bisa dimulai dengan modal berapa saja
  4. Potensi pasarnya lebih luas
  5. Peluang Keuntungannya lebih besar

Dalam dunia bisnis terdapat istilah consumer & customer. Consumer adalah mereka yang menggunakan/mengkonsumsi produk yang kita jual, kemudian customer adalah mereka yang membeli produk yang kita jual. kunci bisinis online itu ada 3, yaitu:

  1. Traffic : Bagaimana cara untuk kita terlihat oleh banyak orang, traffic sendiri dibagi menjadi 2, yaitu:
    1. Traffic secara organik, kelebihannya tidak menggunakan biaya
    2. Traffic ads/ secara berbayar
  2. Conversion , dibagi menjadi 2, yaitu:
    1. Macro conversion, harapannya produk kita dapat terjual dan mendapatkan aktivisasi pelanggan
    2. Micro conversion, untuk mendapatkan prospek
  3. Engagement : mengikat pembeli supaya tidak pindah ke toko lain.
Baca Juga:  Menuju Haul Bapak, Alumni Turut Antusias dalam Mubes IV

“Berbicara tentang digital marketing bukan bicara tentang seperti apa produknya, akan tetapi berbicara tentang bagaimana produk kita bisa ditemukan oleh banyak orang.” Terang Muhammad Arif.

Tepat pukul 17.00 WIB acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab dengan peserta seminar, kemudian closing steatment dari narasumber. Pesan penting dari narasumber adalah sejauh apapun perjalanan selalu dimulai dari langkah pertama, jangan pernah takut untuk memulai karena kita tidak akan berhasil tanpa mencoba.

Pewarta : Tsalist

Editor : Hb

Foto : Dokumentasi pribadi