OSPEP 2021- Self Love: Caring For Our Mental Health

Diposting pada 147 views

OSPEP (Orientasi Studi Pengenalan Pondok Pesantren) Al-Munawwir Komplek Q tahun 2021 berlangsung selama 3 hari. Dimulai pada hari Jum’at, 17 Desember 2021 sampai Ahad, 19 Desember.

Jum’at, (17/12/2021), OSPEP Al-Munawwir Komplek Q tahun 2021 resmi dibuka. Orientasi Studi Pengenalan Pondok Pesantren (OSPEP) merupakan agenda tahunan yang bagi santriwati baru Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q. Tujuannya untuk mengenal lebih dalam Pondok Pesantren Al-Munawwir pada umumnya dan Komplek Q secara khusus.

OSPEP 2021 mengusung tema Self Love: Caring For Our Mental Health. Show Our Beauty, Stop Insecurity, Make Our Mental Health a Priority. Artinya, cinta terhadap diri sendiri dengan membangun kesehatan mental yang baik. Tunjukkan kecantikan kita, Berhenti tidak percaya diri, dan jadikan kesehatan mental kita sebagai prioritas. Harapan dari tema ini supaya santriwati komplek Q, khususnya santri baru terus menjaga kesehatan mental. Karena kondisi mental yang sehat menjadi kunci dalam menjaga kesehatan tubuh, pemikiran yang sehat, dan terhindar dari berbagai penyakit.

Baca juga Mental Health : Mari Mengenal Kesehatan Mental

Grup Hadroh Tsamrotul Muna tampil sebagai pembuka di acara Pembukaan OSPEP 2021 pada sore hari. Kemudian  Master of Ceremony (MC) memandu berjalannya acara. Kemudian terdapat pula pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Fathia Lina.

Rizqi Awaliya Husna selaku ketua OSPEP tahun 2021 memberikan sambutan dan dukungan untuk peserta dan panitia. Kemudian Reni Wahyuni sebagai ketua pondok turut memberikan sambutan dan mewakili pengasuh dalam membuka acara OSPEP 2021. Malamnya, Ibu Hj. Maya Fitria turut mengisi serangkaian acara dengan menjadi pemateri pada Seminar Mental Health.

Sabtu (18/12/2021) hari kedua acara OSPEP Al-Munawwir Komplek Q 2021 Bapak Suhadi Chozin, S. Ag., mengisi  Dialog Sejarah Komplek Q. Selanjutnya motivasi oleh Ibu Nurul Aeni, S. Ag. M. Ag. Selain itu, ada acara Fiqih Nisa’ yang dalam kesempatan kali ini menghadirkan Bapak M. Ikhsanuddin sebagai pemateri. Selanjutnya ada Dialog Aswaja oleh Ibu Nur Saidah. Kemudian malamnya peserta nonton film bareng di Mushola Barat.

Baca Juga:  Santri Al Munawwir Peringati HSN dengan Upacara

Hari terakhir, Ahad (19/12/2021) paginya para peserta mengikuti senam dan sarapan bersama. Kemudian berlanjut Outbond, lomba tebak gaya, dan fashion show. Malamnya, puncak dari serangkaian acara, seluruh peserta memberikan penampilan pentas seni masing-masing kelompok sebagai ajang kreativitas para peserta OSPEP tahun 2021. Kemudian pengumuman lomba-lomba dengan berbagai kategori kelompok maupun individu peserta dan kemudian penutupan acara OSPEP tahun 2021.

Oleh: Fina Izzatul Muna

Foto : Dokumentasi Pribadi