Panen Prestasi, Komplek Q Sabet Juara Pada Semarak Hari Santri Nasional Kabupaten Bantul 2021

Diposting pada 204 views

Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Bantul kembali menyelenggarakan event tahunan Semarak Hari Santri Nasional (HSN) 2021. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk pertama kalinya event ini digelar secara online. Meski begitu, Pemerintah Kabupaten Bantul tetap mengemas event tahunan ini semenarik mungkin dengan berbagai jenis perlombaan, hiburan, kegiatan masyarakat dan pengajian Hari Santri.

Acara yang kita selenggarakan mulai dari awal Oktober ini kita kemas berbeda, tahun sebelumnya bisa menghadirkan jam’iyah para santri dalam berbagai forum. Namun, tahun ini acara bisa disaksikan oleh seluruh santri manapun melalui live streaming,” ujar Bapak Dr. KH. At-thabari, M. Ph. selaku panitia Hari Santri Nasional Kabupaten Bantul tahun 2021, Jum’at (29/10)

Dalam kesempatan kali ini, pondok pesantren Al-Munawwir Komplek Q mengikuti 4 kategori lomba dengan menyabet 5 juara sekaligus. Di antaranya, Juara I Lomba Video Profil Pesantren, Juara I Lomba Hadrah Putri oleh Grup Tsamrotul Muna, Juara II Lomba Da’i Muda Kategori A (9-12 Tahun) atas nama Alifia Cahya Kamila santri Madrasah Tahfidz Putri Remaja (MTPR), Juara III Lomba Musabaqah Qiroatul Kutub (Marhala Wustho) atas nama Annida Barrorotul Azizah dan Juara Favorit Lomba Video Profil Pesantren dengan jumlah like terbanyak.

Pencapaian ini menjadi prestasi yang membanggakan, meskipun di tengah pandemi tidak menyurutkan semangat para santri untuk terus berprestasi. Tidak hanya peserta lomba yang ikut andil dalam perlombaan kali ini. Namun, Tim Redaksi Komplek Q juga turut berperan aktif dalam proses rekam dan edit, karena semua jenis lomba dilaksanakan secara online dengan mengirimkan karya-karya lomba dalam bentuk video untuk tahap penilaian. Tidak menutup kemungkinan, semua prestasi yang diperoleh akan menambah semangat para santri untuk tetap menjadi lebih baik, dan terus berkarya.

Seperti yang disampaikan oleh Bupati Kabupaten Bantul, H. Abdul Halim Muslih dalam sambutannya:

Saya berharap akan lahir insan-insan cendekiawan yang tangguh dari pondok-pondok pesantren yang akan menjadi salah satu garda terdepan mensukseskan pembangunan bangsa sehingga tercapai tujuan mewujudkan masyarakat Bantul yang harmonis sejahtera berkeadilan,

Oleh karena itu, ucapan terimakasih disampaikan kepada seluruh pihak yang turut memberi doa dan dukungan tiada henti, baik dari jajaran  pengasuh, ustaz dan ustazah, alumni (halqimuna), dan seluruh santri. Semoga langkah awal ini mampu memberi dorongan terus berkarya untuk kedepannya, sesuai dengan jargon hari santri nasional tahun ini “Santri Siaga Jiwa Raga”.

Oleh: Erfika Qatrunnada

Foto: Dokumentasi Pribadi