Pelatihan

Pelatihan Psikologi Remaja: Remaja Hebat, Remaja Maslahah

Diposting pada 117 views

Selasa (20/12/2022) MTs TQ El Muna Q mengadakan pelatihan psikologi untuk seluruh siswi MTs TQ El Muna Q. Acara ini menghadirkan tiga psikolog yang dimulai pukul 08.10 WIB dan dilaksanakan di kantin sekolah yang juga biasa difungsikan sebagai aula sementara.

Tiga psikolog yang mengisi pelatihan psikologi remaja pada kesempatan kali ini adalah Ibu Nurmey Nurulchaq, S.Psi., M.A, Ibu Yus Mashfiah, S.Ag., M.Pd, dan Ibu Budi Wulandari, S.Psi.

Acara diawali dengan sambutan Kepala Sekolah yang disampaikan oleh Ibu Widyaningsih, M.S.I. Selanjutnya acara dimoderatori oleh Ibu Dewi Kristina, S.Sos. selaku guru Bimbingan Konseling dilanjutkan dengan penyampaian materi dari masing-masing narasumber.

Pelatihan psikologi remaja mengusung tema “Remaja Hebat, Remaja Maslahah” memiliki fokus pembahasan tentang perkembangan remaja. Perkembangan remaja terbagi ke dalam tiga fokus, yaitu dinamika perkembangan remaja, mengenal diri, dan mengolah diri.

Materi pertama adalah tentang dinamika perkembangan remaja yang disampaikan oleh Bu Nurmey. Bu Nurmey menjelaskan tentang definisi remaja, cara menghadapi permasalahan remaja, dan tugas-tugas remaja. Pada sesi ini Bu Nurmey lebih mengedepankan pelatihan secara interaktif dengan memberikan sedikit materi dan lebih banyak praktik agar siswi lebih mudah dalam memahami isi pelatihan.

Baca Juga:  Workshop Menanam Sayur: Ajak Siswi Hidup Lebih Sehat

Materi selanjutnya adalah tentang mengenali diri sendiri yang disampaikan oleh Bu Yusi. Beliau menjelaskan tentang memahami diri sendiri dalam sifat, karakter, emosi, kelebihan, serta kekurangan. Selain itu, beliau juga memberikan penjelasan mengenai nilai-nilai prinsip hidup serta  konsep diri remaja yang sehat dan berakhlak qur’ani. Terakhir beliau menambahkan penjelasan tentang 4 pilar konsep remaja Islam, yaitu mengenal diri, mengolah diri, mengenali orang lain, mengolah dan menjaga hubungan baik.

Pada sesi terakhir, materi yang disampaikan oleh Bu Wulan tentang mengolah diri. Beliau mengajarkan para siswi untuk mendalami isu-isu tentang remaja yang sering terjadi, seperti bertengkar dengan orang tua, terlibat tawuran, adanya paham seksual, dan juga kecanduan media sosial.

Di setiap sesi, para pemateri memberikan reward kepada siswi yang aktif bertanya sebagai bentuk apresiasi atas semangat dan keberanian siswi selama proses pelatihan. Reward itu di antaranya botol minum, dompet cantik, dan juga snack.

Acara pelatihan ditutup dengan bacaan hamdalah serta penyerahan sertifikat dan kenang-kenangan dari MTs TQ El Muna Q untuk para pemateri sebagai wujud rasa terimakasih karena telah meluangkan waktu dan tenaganya. Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah supaya siswi-siswi MTs TQ El Muna Q belajar menjadi remaja hebat dan maslahah yang memiliki sifat qur’ani di tengah era generasi Z ini.

 

Redaktur: Luthfiana Fathira (Siswi MTs TQ El Muna Q kelas 7)