Peringatan Maulid dan HSN 2021: Santri Bersinergi Membangun Generasi Berdikari

Diposting pada 210 views

Kamis malam Jumat (7/10/2021) kemarin telah memasuki bulan Rabiulawal—salah satu bulan yang mulia sebab kelahiran Nabi Muhammad saw. Bulan Maulid tahun ini jatuh pada bulan Oktober yang bertepatan dengan adanya peringatan Hari Santri Nasional. Sehubungan dengan hal itu, PP Al-Munawwir Komplek Q menyelenggarakan serangkaian acara guna menghidupkan bulan Maulid sekaligus turut memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional.

Serangkaian acara yang merupakan hasil dari kolaborasi santri ini mengusung tema “Santri Bersinergi Membangun Generasi Berdikari”. Tujuan dari acara ini ialah untuk membangun santri dalam mewujudkan peran dan eksistensinya, baik di dalam lingkup pesantren maupun lingkungan masyarakat. Acara ini ditujukan untuk seluruh santri dan masyarakat umum yang diharapkan dapat menambah wawasan berupa ilmu dan pengalaman yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hadroh Tsamrotul Muna tampil sebagai opening dalam acara pembukaan yang diselenggarakan pada Kamis malam Jumat (7/10/2021). Dalam acara pembukaan ini, Mustakhiqqul Janah selaku ketua panitia menyampaikan rangkaian kegiatan yang akan berjalan selama dua minggu ke depan. Di samping acara Maulid Nabi dan Hari Santri Nasional, rangkaian acara ini memiliki berbagai kegiatan yang bermanfaat seperti webinar kepenulisan, pelatihan desain grafis, seminar pra-nikah, sosialisasi pilah sampah, serta beberapa perlombaan menarik.

Hafidhoh Ma’rufah selaku ketua pondok dalam sambutannya berharap agar serangkaian acara ini dapat dimanfaatkan dengan sebagik-baiknya oleh para santri. Sebab, santri tak hanya harus jadi kyai, namun santri juga bisa berkontribusi dan unggul dalam bidang-bidang yang lain, karena sebagai santri yang memiliki bekal ilmu agama akan bisa menempatkan diri di manapun termasuk dalam ranah publik.

Acara resmi dibuka oleh Gus Kholid Arif Rozaq, dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal. Pertama, berkaitan dengan bulan Maulid ini, beliau menyampaikan bahwa kita harus bergembira dengan bulan di mana Rasulullah saw. dilahirkan sebagai bentuk rasa syukur kita dan sebagai sarana untuk lebih mengenal dan mencntai Rasulullah lebih dalam lagi.  Kedua, Gus Kholid berharap dengan serangkaian acara ini dapat menghibur dan bermanfaat bagi para santri.

Baca Juga:  Santri Komplek Q Semangat Sambut Awalussanah

Oleh: Nur Kholifah