Puncak acara

Puncak Acara Sekaligus Penutupan Harlah Komplek Q ke-33 Tahun

Diposting pada 58 views

Ahad(25/09/2022) merupakan hari puncak sekaligus penutupan seluruh rangkaian acara Harlah Komplek Q yang bertempat di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q Guwosari, Pajangan, Bantul. Genap sudah usia Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q ke-33 di tahun 2022.

Setelah melewati beberapa rangkaian acara harlah, pagi ini diselenggarakan jalan sehat yang diikuti oleh seluruh santriwati komplek Q dan para warga dukuh Bungsing, Pajangan. Penampilan Drumband oleh adik-adik MI Tahfidz El-Muna Q menjadi simbolis start jalan sehat. 

Sekembalinya jalan sehat, dimulailah acara oleh Master of Ceremony, kemudian sambutan-sambutan. Yang pertama dari Gus Kholid Arif Rozaq selaku pengasuh Komplek Q. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan dan doa kepada warga Bungsing, Pajangan agar pembangunan Pondok Pesantren Komplek Q berjalan lancar serta membawa berkah. Beliau juga sedikit menceritakan asal mula komplek Q yang didirikan atas suruhan dari Mbah Ali maksum hingga bisa berkembang sampai tahun ke-33 ini.

Baca Juga:  Rayakan Harlah ke-33, Komplek Q Gelar Lomba Mewarnai dan MHQ Se-DIY

Sambutan selanjutnya oleh Bapak Irwani selaku kepala dukuh Bungsing, Pajangan, Bantul. Beliau dengan senang hati ikut serta membantu memeriahkan acara ini serta memberi dukungan dan doa untuk proses berkembangnya Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q di Pajangan. Sambutan yang terakhir oleh Ibu Laili Umi selaku perwakilan alumni komplek Q. 

Kemudian pemotongan tumpeng oleh Ibu Nyai HJ. Khusnul Khatimah Warson, sebagai bentuk rasa syukur serta doa agar Komplek Q semakin berkembang dan berkah di tahun-tahun yang akan datang. Sebelum penutup acara, terdapat juga pengumuman kejuaraan lomba-lomba oleh panitia, setelahnya baru doa serta penutup oleh Bapak KH. Agus Najib. Tidak hanya itu, ada beberapa penampilan seperti Hadroh oleh Grup Tsamrotul Muna Komplek Q, seni musik angklung oleh adik-adik MI Tahfidz El-Muna Q, alat musik biola oleh adik MTs. El-Muna Q, dan Puisi oleh santri Mahasiswi. 

Di dalam area acara, tersedianya stand-stand seperti makanan, minuman, barang trift, dan lain-lain menemani para hadirin di tengah acara berlangsung. Tersedia juga stand kesehatan bagi para hadirin yang ingin mengecek kesehatannya yang bertempat di belakang panggung. Panitia juga menyediakan Photobooth bagi yang berkeinginan foto. 

Baca Juga:  Workshop Menanam Sayur: Ajak Siswi Hidup Lebih Sehat

Untuk menambah kemeriahan, di penghujung acara  pemandu acara mengundi pembagian doorprize yang dinanti-nantikan oleh seluruh hadirin. Sepeda Gunung menjadi doorprize utama, dan terdapat beberapa barang seperti dispenser, panci, wajan, rice cooker hingga hadiah-hadiah menarik lainnya.

Serangkaian acara Harlah Pondok Pesantren Komplek Q ke-33 tahun resmi berakhir sekitar waktu dzuhur. Harapannya adalah semoga di tahun-tahun yang akan datang Komplek Q semakin berkembang dan selalu dalam keberkahan serta Harlah Komplek Q yang akan datang tidak kalah seru dan meriah dari tahun-tahun sebelumnya dengan semangat, optimalisasi, antusias dari para santri serta pihak-pihak yang ikut serta. Jadikan peringatan harlah sebagai bentuk mengingat dan menguatkan akan sejarah dan penghormatan kepada leluhur. 

Pada dasarnya harlah itu boleh, tapi kita niatkan untuk birrulwalidain, karena kita bisa seperti saat ini, hakikatnya wasilah para masyayikh kita, khususnya masyayikh Krapyak. (Gus Kholid Arif Rozaq)

Oleh: Zia Zahra Hudaya

Pictured  by: Dokumentasi pribadi