Takbir Keliling Komplek Q: Semarak Idul Adha 1445 H

Takbir Keliling Komplek Q: Semarak Idul Adha 1445 H

Diposting pada 62 views

Setelah melewati dua hari puasa Tarwiyah dan Arafah yang penuh dengan keutamaan, saatnya umat muslim menyambut hari raya Idul Adha 1445 H. Dalam menyambut hari raya qurban ini, santi Krapyak meramaikannya dengan takbir keliling. Begitu pula dengan santri Komplek Q yang turut meramaikannya dengan gema takbir keliling di sepanjang jalanan Krapyak.

Ahad (16/06) Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q mengadakan lomba Takbir Keliling dan Penampilan Rayon. Kegiatan yang diadakan oleh Divisi PSDS Komplek Q dalam rangka Semarak Idul Adha. Rangkaian kegiatan diawali dengan lomba takbir keliling. Berkumpulnya seluruh santri MTPA, SMK, dan mahasiswa di halaman musbar Komplek Q sejak pukul 19.00 WIB.

Baca Juga:  Iduladha 1443 H: Semarak Setelah Pandemi

Takbir Keliling Komplek: Semarak Idul Adha 1445 H

Para peserta berkumpul dengan mengenakan berbagai kostum sesuai dengan tema dari masing-masing rayon. Beberapa kostum diantaranya kambing, peri, warga komplek, wanita tarim, prajurit, dayang, maskot dan masih banyak lagi. Selain kostum, semarak takbir keliling juga dimeriahkan dengan atribut berupa speaker, media pengganti bedug, obor, lampu, bendera, banner, dan lain-lain.

Santri Komplek Q memulai rute semarak takbir keliling dari halaman musbar keluar gang komplek. Ke arah utara kemudian ke arah barat masuk gang untuk sampai ke gang Q9 Ndongkelan. Kemudian ke arah pondok pusat, memutari kandang menjangan dan kembali lagi ke halaman musbar.

Setelah melaksanakan takbir keliling, santri Komplek Q berkumpul di mushola barat untuk melaksanakan lomba penampilan rayon. Setiap rayon mengirimkan perwakilan untuk menampilkan penampilan terbaiknya. Urutan tampil dimulai dari Q4, Q5, Q7 dan 8, Q 2 dan 3, Q10, dan yang terakhir adalah Q6. Berbagai kreativitas penampilan ditampilkan oleh masing-masing rayon. Ada drama, pagar nusa, tarian kreasi wonderland, musikalisasi puisi, dan sholawatan.

Baca Juga:  Idul Adha: Keberanian dan Kebesaran Hati dalam Menerima Ujian Ilahi

Usai seluruh peserta menampilkan kreativitasnya, pengumuman juara pun tiba. Semua santri tampak antusias menunggu pengumuman, setelah semangat dari awal kegiatan dimulai hingga berakhir. Juara 1 oleh rayon Q4, juara 2 oleh rayon Q5, dan juara 3 oleh rayon Q2 dan 3. Sedangkan juara ter-heboh diraih oleh rayon 7dan 8, juara ter-effort diraih oleh rayon Q6, dan juara ter-kompak diraih oleh rayon Q10. Selamat!

Berakhirlah rangkaian kegiatan semarak Idul Adha 1445 H Komplek Q. Semoga menjadi bagian keberkahan bagi santri dan masyarakat sekitar dalam memperingati hari qurban dan haji tahun ini. Tak terlepas dari semangat antusias seluruh santri yang berkontribusi dalam kegiatan ini.

 

Pewarta: Nun Qie Hisyma

Pictured by Media Komplek Q