Bahaya Sinar Biru Gawai Bagi Kesehatan Mata

Diposting pada 24 views

Aktivitas menuntut untuk memandang gadget? Hati-hati, perangkat elektronik memancarkan sinar biru yang bisa berbahaya bagi mata. Menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Sebab, aktivitas Anda bisa terganggu bila mata bermasalah. Salah satu kebiasaan yang kerap menjadi penyebab kerusakan mata adalah memandang layar gadget dalam waktu yang lama. Sinar biru yang terpancar dari perangkat tersebut bisa berbahaya bagi mata. Sinar biru dari sumber buatan ini jumlahnya memang jauh lebih sedikit dari sinar matahari. Namun, kebiasaan memandang gadget dalam waktu lama membuat Anda cenderung terpapar sinar biru lebih lama, apalagi dengan jarak yang lebih dekat.

Sinar biru atau biasa dikenal dengan bluelight adalah sinar yang dipancarkan dari layar perangkat digital seperti televisi, pc, laptop, dan perangkat lainnya. Sinar biru sangat berbahaya bila kita terpapar sinar tersebut, terutama pada saat malam hari, di mana waktunya untuk tidur dan beristirahat. Efeknya kita menjadi sulit untuk tidur dan pastinya berdampak pada kesehatan kita.

Bukan hanya itu saja bluelight bisa menyebabkan kerusakan retina, ketika sinar tersebut masuk ke dalam mata, lalu mata manusia tidak mempunyai proteksi yang cukup dari paparan bluelight. Setelah menembus bagian luar mata, sinar biru akan mencapai bagian terdalam mata, yaitu retina dan bisa menimbulkan efek jangka panjang berupa kerusakan retina.

Kebanyakan orang menghabiskan waktu di depan layar gadget hingga menyebabkan kondisi kelelahan pada mata yang dikenal sebagai digital eyestrain. Gejala yang ditimbulkan antara lain pandangan kabur, susah fokus, mata iritasi, sakit kepala. Bluelight ini berperan sebagai faktor kunci dari kelelahan mata.

Ada beberapa strategi sederhana yang dapat Anda gunakan untuk memainkannya dengan aman dan melindungi mata Anda dari layar Anda. Di bawah ini, beberapa tips terbaik mengurangi cahaya biru dari gawai, antara lain: Pertama, beri mata istirahat. Ketika sedang menggunakan perangkat digital, cobalah beristirahat minimal 20 menit, lihatlah sekitar yang ada disekeliling kita. Kedua, sering seringlah berkedip. Ketiga, gunakan aplikasi atau fitur pengurangan cahaya.

Baca Juga:  HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL

Untuk itu, bijaklah dalam menggunakan perangkat digital, terutama gadget yang setiap saat pasti kita gunakan. Sayangi mata kita. Jangan terlalu lama bermain gadget, apalagi sambil tiduran. Gunakan pengaturan pencahayaan malam (mode malam), atau filter cahaya biru. Jaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung banyak vitamin.

Stay safe, and healthy 🙂

Sumber :

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3622879/bahaya-sinar-biru-dari-gadget-bagi-mata-anda

https://www.klinikmatanusantara.com/id/ketahui-lebih-lanjut/info-kesehatan-mata-dari-kmn-eyecare/artikel/ketahui-apa-itu-blue-light-bahaya-dan-manfaatnya/

https://republika.co.id/berita/ovqk2e328/melindungi-mata-dari-bahaya-cahaya-biru-layar

oleh : Nada f

Foto: Gilles Lambert on Unsplash