Berbeda dari Tahun Sebelumnya, Haflah Takharruj II MI Tahfidz El Muna Q Menambah Banyak Kesan

Berbeda dari Tahun Sebelumnya, Haflah Takharruj II MI Tahfidz El Muna Q Menambah Banyak Kesan

Diposting pada 79 views

MI Tahfidz El Muna Q menyelenggarakan Haflah Takharruj II di Hotel Lynn pada Kamis (13/6). Ini bukan kali pertama MI Tahfidz El Muna Q menyelenggarakan acara tersebut, akan tetapi kesan yang ditambahkan pada acara haflah tahun ini adalah adanya Wisuda Tahfidz bagi siswi MI Tahfidz El Muna Q.

Acara diawali dengan penampilan Tari Saman yang luar biasa oleh 19 siswi MI Tahfidz El Muna Q, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudari Firyal Fadia Zaimah Ahmad. Kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Madrasah, dan Yalal Wathon bersama seluruh tamu undangan.

Kepala Madrasah MI Tahfidz El Muna Q, Laily Fauziyah, M.Pd.I. memberikan sambutan dan menyampaikan kebanggaannya kepada wisudawati yang dinyatakan 100 persen lulus itu. Pada tahun ini, MI Tahfidz El Muna Q mewisuda 25 siswi dan 10 di antaranya memperoleh hafalan melebihi target yang telah ditentukan oleh sekolah, yaitu 5 Juz, sedangkan 25 siswi memperoleh hafalan melebihi target yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama, yaitu 2 Juz.

Baca Juga:  MI Tahfidz El Muna Q Gelar Haflah Takharruj Perdana dan Harlah Ke VI

“Belajarlah dari hari ini dan hari kemarin, belajar dengan sungguh-sungguh sehingga apa yang kalian cita-citakan akan mendapat hasil yang maksimal, jadilah anak yang berakhlakul karimah” pesannya kepada para siswi. Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan kebanggaannya kepada pembimbing yang ikut andil pada tumbuh kembang para siswi.

Selain itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren El-Muna Q (Bapak KH. Muhammad Kholid Arif Rozaq), Kepala Seksi Pendidikan Kementerian Agama Kabupaten Bantul (Bapak Ahmad Musyadad, S.Pd.I., M.S.I.) hingga perwakilan wali siswi yang dalam kesempatan kali ini diwakilkan oleh Dr. Laelatul Badriah, M.Pd. turut memberikan sambutan.

Dalam sambutannya kali ini, Abah Kholid menyampaikan rasa haru atas kelulusan seluruh siswi MI Tahfidz El Muna Q yang sudah mau mondok sejak usia MI. “anak MI atau tingkat SD apalagi yang mau mondok sampai lulus itu luar biasa, berarti bapak ibu juga lulus, karena belum tentu semua orang tua mampu atau kuasa untuk memondokkan anaknya pada usia tersebut.”

Abah Kholid juga menambahkan pesan kepada para siswi untuk tidak melupakan jasa-jasa guru. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh Bapak Agus Najib dan diikuti oleh seluruh tamu undangan.

Baca Juga:  MI Tahfidz El-Muna Q Torehkan Prestasi di Ajang Nasional

Memasuki acara inti, yaitu prosesi wisuda. Pada kesempatan ini, prosesi penyerahan ijazah diberikan oleh Umi Ati Lutfia Baiti dan Ibu Laily Fauziyah. Tak lupa untuk mengabadikan foto bersama para pengasuh, guru, dan ustadz ustadzah yang hadir dalam acara tersebut. Setelah foto bersama, para siswi melantunkan bacaan surat Al-Qiyamah secara bersama-sama sebagai maqro Wisuda Tahfidz, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan nadhom Amtsilati Tashrifiyyah serta Aqidatul Awam.

Pada akhir acara, terdapat pengumuman penghargaan bagi siswi berprestasi. Adapun siswi yang memperoleh nilai ASPD tertinggi diraih oleh ananda Nayla Mazea Haqqi, siswi Teladan dengan nilai ijazah tertinggi diraih oleh ananda Azka Raihanatin, dan siswi dengan kategori Hafalan Terbanyak diraih oleh ananda Nasywa Hanin Azzafira.

Selain itu, penghargaan bagi siswi yang telah melaksanakan ujian hafalan 5 juz juga diperkenankan untuk naik ke atas panggung dan diberikan sertifikat penghargaan. Di antaranya adalah Nasywa Hanin Azzafira (10 Juz), Sabrina Enaya Haq (9 Juz), Nayla Mazea Haqqi (8 Juz), Khansa Mazaya Tazkiya (6 Juz), Mutiara Kartika Putri (6 Juz), Nadia Izza Medina (6 Juz), Azka Raihanatin (6 Juz), Anisa Nafi’atul Fikriyah (6 Juz), Tsamara Mecca Arghani (5 Juz), Isfi Arinal Auna (5 Juz).

Baca Juga:  Semaan Perdana Siswi MI Tahfidz El Muna Q

Setelah itu, penyerahan simbolis kenang-kenangan dari wali siswi kepada sekolah berupa kipas angin untuk setiap kelas dan cinderamata untuk guru juga turut diabadikan. Acara ditutup dengan penampilan puisi dari ananda Nasywa Hanin Azzafira dengan judul “akhir dari sebuah awal” karya dari ananda Nadia Izza Medina siswi kelas 6.

Puisi tersebut mendapat balasan dari salah satu Guru MI Tahfidz El Muna Q, yaitu Ibu Listriyah, S.Ag. suasana menjadi sangat khidmat dan penuh haru untuk melepaskan kelulusan para siswi, bintang-bintang muda kami, dalam melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya.

 

Pewarta: Fitria Nur F O

Pictured by Media Komplek Q