Partisipasi Santri Dalam Penyembelihan Hewan Kurban di Pondok

Partisipasi Santri Dalam Penyembelihan Hewan Kurban di Pondok

Diposting pada 53 views

Pada Hari Raya Idul Adha 1445 H kali ini, Yayasan El-Muna Q Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q melaksanakan kurban. Dengan menyembelih 2 ekor sapi sebagai hewan kurbannya. Sapi putih pertama adalah hewan kurban dari Madrasah Tahfidz Putri Anak (MTPA) diantaranya atas nama Angela Cordellia Winata, Aleesha Khairani, Ayisha Azkiya Syafarana, Zahrana Nur Amalika, Muhammad Masruri Mustofa, Fitria Nur Fajriyah Octaviana, dan Cinta Aura Izzatunisa.

Dan kurban sapi merah kedua adalah hewan kurban dari keluarga ndalem, diantaranya atas nama Gus Ahmad reziq vaihaq, Umi Hj. Ati lutfia Baiti, ibu Chusnul Chotimah, dan ibu Kurniati binti H. Ahmad Kholil.

Baca Juga:  Komplek Q Berkurban

Pemotongan hewan qurban dilaksanakan pada hari kedua, tepatnya pada hari Selasa 11 Dzulhijjah 1445 H atau hari pertama tasyrik. Pemotongan dilaksanakan di gedung leskid Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q oleh Bapak Amin yang dibantu oleh bapak Roni dan rekan yang lain, Proses penyembelihan disaksikan secara langsung oleh Abah KH. Muhammad Fairuz Warson, Umi Hj. Ati Lutfia Baiti beserta santri MTPA yang turut berkurban.

Oleh mas Yahya, beberapa bagian daging sapi yang telah disembelih tersebut dibawa ke halaman pondok. Umi Hj. Ati Lutfia Baiti dibantu oleh mas khafid dan beberapa santriwati komplek Q memotong-motong dan membagi rata daging kurban tersebut untuk kemudian dibagikan.

Dengan uletan dan cekatan, beberapa santriwati Komplek Q ikut berpartisipasi dalam pemotongan hewan kurban dipondok. Walaupun tidak ber idul adha dirumah, tetapi santri tetap dapat merasakan sensasi berhari raya kurban di pondok. Daging kurban nantinya juga beberapa akan dibagikan untuk para santri.

Baca Juga:  Ibadah Kurban: Manfaat dan Hierarki Keutamaannya

Dengan demikian, selain untuk menambah kesan, cerita, dan pengalaman, juga memberikan kesempatan bagi santri untuk dapat mengolah daging kurban, memasaknya menjadi sebuah masakan. Yang kemudian dapat dimakan bersama-sama sehingga tetap tercipta kebersamaan antar santri di pondok.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H, semoga Allah meridhokan segala niat baik kita di bulan kurban ini dan mendapat pahala sama seperti orang yang berkurban. Amiin

 

Pewarta: Zia Zahra Hudaya

Pictured by Media Komplek Q