Kunjungan Perpustakaan: Komplek Q Berkunjung ke Grahatama Pustaka

Diposting pada 82 views

Kamis, 28 Juni 2024, Pondok Al-Munawwir Komplek Q mengadakan kunjungan Grhatama Pustaka Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari pengurus Divisi Perpustakaan Komplek Q yakni kunjungan perpustakaan. Dengan dihadiri oleh 35 santriwati komplek Q.

Grhatama Pustaka merupakan nama Gedung layanan perpustakaan milik Pemerintah Daerah  Istimewa Yogyakarta. Gedung layanan perpustakaan ini merupakan perpaduan konsep modern dan tradisional. Gedung ini terdiri dari 3 lantai yang bisa menjadi sarana destinasi rekreatif edukatif, banyak layanan yang diberikan oleh Unit Grhatama Pustaka yaitu layanan koleksi kanak-kanak, layanan ruang bermain anak, layanan ruang musik anak, layanan ruang dongeng anak, layanan pemutaran film bioskop/cinema 6d dan masih banyak layanan yang lain.

Baca Juga:  Komplek Q Adakan Kunjungan Perpustakaan

Kegiatan kunjungan ini diawali dengan sambutan dan pengenalan Grahatama Pustaka. Sambutan pertama diberikan oleh staf Grhatama Pustaka dan dilanjut sambutan oleh Kak Gita pratiwi selaku koordinator divisi perpustakaan dari Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q. Kemudian dilanjut dengan pengenalan dan penjelasan materi terkait Grhatama Pustaka oleh Bapak Hendy Prasetya, S.Hum. Seluruh peserta menyimak penjelasan dengan baik dan antusias. Dan kemudian peserta diberi kesempatan untuk bertanya terutamanya terkait kepustakaan. Sesi tanya jawab selesai lalu dilanjut dengan penyerahan kenang-kenangan dan dokumentasi.

 

Setelah pengenalan Grahatama Pustaka, kegiatan dilanjutkan dengan berkeliling di ruangan baca yang terdapat di lantai tiga. Didampingi oleh 2 petugas sebagai tutor penyampai informasi, peserta mendapatkan pengetahuan mengenai berbagai hal, seperti mengenai koleksi digital, koleksi langka, kamus & ensiklopedia, layanan koleksi majalah & ko ran, layanan koleksi tandon atau penyimpanan bahan pustaka, layanan koleksi skripsi dari ruangan baca.

Baca Juga:  Harlah Perpus El Muna Q Ke-28, Adakan Kunjungan ke Grahatama Pustaka

Setelah mengelilingi lantai 3 perpustakaan, kegiatan dilanjutkankan dengan menonton cinemax 6D. Santri dibagi menjadi 3 kloter ketika memasuki ruangan dan cinemax yang ditonton berhasil membuat pecah dengan teriakan histeris serta memuaskan para peserta kunjungan. Kegiatan terakhir kunjungan dilakukan di taman Grhatama Pustaka dengan sedikit kata penutup sebagai akhir dari perjumpaan di siang itu yang diberikan oleh kak Gita.

Adanya kunjungan ini diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu seputar tata kelola dan sirkulasi buku perpustakaan. Membuat para santri semakin tertarik untuk datang ke perputakaan guna meningkatkan literasi. Semoga bermanfaat

 

Penulis : Laisa Fikriayatul Muskila

Pictured by Media Komplek Q