Opening Muharroman Pondok Pesantren Krapyak 1445 H

Diposting pada 111 views

Pondok Pesantren Krapyak kembali mengadakan perlombaan antar komplek. Event yang diadakan setiap bulan Muharrom ini biasa disebut dengan “Muharroman”. Muharroman pada tahun ini mengusung tema “Menang dadi areng, kalah dadi awu”, yang memiliki arti bahwa kekalahan maupun kemenangan dalam kompetisi yang tidak sportif hasilnya akan sama. Baik yang kalah maupun yang menang sama-sama mengalami kerugian. Kita tidak boleh melakukan kecurangan hanya untuk  menghasilkan sebuah kemenangan, karena tidak ada artinya kemenangan yang dirayakan di tengah kehancuran.

Beberapa perlombaan yang diadakan pada event muharroman tahun ini antara lain : MHQ, MSQ, MQK, kreasi syiir, bola voli, tarik tambang, karnaval santri, dramatikal pesantren, memasak, kepenulisan & short movie, dan cerdas cermat pesantren. Event Muharroman tahun ini dimulai sejak tanggal 03 Agustus 2023 sampai 24 Agustus 2023.

Event Muharroman diawali dengan “Grand Opening dan Komplek Meeting” yang diadakan pada Malam Jum’at, 03 Agustus 2023 di Aula G PP. Al Munawwir Krapyak. Acara Grand Opening Muharroman dan Komplek Meeting Pondok pesantren Krapyak diawali dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, yang dibawakan oleh saudara Alfin. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Syubbanul Wathon, yang dipimpin oleh saudari Azima.

Baca Juga:  Upacara Bendera dan Karnaval Memperingati HUT RI ke-77

Rangkaian acara selanjutnya yaitu ceremonial maskot sekaligus orasi dari masing-masing komplek. Setiap perwakilan maskot maju ke depan panggung dan memimpin jargon komplek mereka masing-masing. Perwakilan komplek putra antara lain dari komplek Madrasah Huffadz 2, Ribathul Qur’an, K1, dan komplek H. Sedangkan untuk perwakilan komplek putri yaitu dari komplek Nurussalam putri, R1, R2, Q, GP, dan komplek T. Adapun pemenang jargon dari komplek putra yaitu komplek K1 dan dari komplek putri yaitu komplek Q.

Setelah pembagian doorprize untuk para pemenang, acara dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir dari juara umum tahun lalu kepada ketua panitia muharroman tahun ini. Kemudian dilanjutkan dengan acara sambutan oleh ketua yayasan Al Munawwir, KH. Ahmad Shidqi Masyhur. Dalam sambutannya beliau berpesan kepada santri untuk menunjukkan bakat dan talenta yang dimilikinya.Berbagai lomba yang diadakan menunjukan bakat dan talenta para santri. Lomba-lomba ini juga sebagai ajang silaturahmi antar komplek. Saya berpesan, tunjukkan kemampuan kalian, tunjukan kalau kalian bisa. Jadikan ajang muharroman ini sebagai ajang sportifitas. Jadilah yang terbaik, yang bisa membanggakan komplek dan pondok. Tidak lain acara ini juga untuk memupuk rasa cinta kalian pada pondok pesantren AlMunawwirTutur Gus Ashid dalam sambutannya sekaligus sebagai pesan bagi para santri.

Event Muharroman dibuka dengan kalimat basmalah dan pemotongan pita secara simbolis oleh KH. Ahmad Shidqi Masyhur. Dengan dipotongnya pita, maka lomba muharroman krapyak pada tahun ini telah resmi dibuka. Setelah itu acara ditutup dengan doa penutup. Semoga rangkaian acara muharroman tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat menjadi ajang silaturrahmi antar komplek di pondok pesantren Krapyak tercinta.

Pewarta: Nala Ikfina Utami

Dokumentasi Pribadi