Halal Bihalal: Awali KBM dengan Saling Memaafkan

Diposting pada 54 views

MI Tahfidz El-Muna Q dan MTsTQ menggelar acara halal bihalal bersama pengasuh pondok pesantren Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta (Senin,23/05/22) pada pukul 09.00 WIB  bertempat di mushola barat Komplek Q.

“Kegiatan halal bihalal pada tahun 2022 merupakan yang pertama kali diselenggarakan. Pada tahun sebelumnya, dewan guru hanya mengadakan sowan kepada pengasuh. Tujuan dari halal bihalal, yaitu untuk saling memaafkan antara satu dengan yang lainnya, walaupun sebenarnya memaafkan tidak hanya dilakukan ketika lebaran saja,” ungkap Laily Fauziyah, Kepala Sekolah MI Tahfidz El-Muna Q.

Halal bihalal menjadi pembuka untuk kegiatan pembelajaran setelah kurang lebih satu bulan menempuh libur lebaran di kampung halaman masing-masing. Sebelum acara halal bihalal dimulai, para siswi dipandu oleh dewan guru bersama-sama melakukan ice breaking untuk meningkatkan semangat dan keaktifan dalam mengikuti acara. Setelah kegiatan selesai, siswa MI Tahfidz El-Muna Q melanjutkan pembelajaran, sedangkan siswa MTsTQ melakukan kegiatan masing-masing.

Segenap pengasuh yang menghadiri acara hari ini, yaitu Ibu Nyai Hj. Husnul Khotimah Warson, Ibu Nyai Hj. Ati Luthfiyah Baiti, Ibu Nyai Hj. Qorry ‘Aina, Kiai H. Fairuz Zabadi Warson, Kiai H. Kholid Arif Rozaq. Pembacaan ayat suci al Quran menjadi pembuka acara. Selanjutnya Kiai H. Kholid Arif Rozaq selaku perwakilan pengasuh memimpin pembacaan ikrar halal bihalal yang menjadi inti acara dan diikuti oleh segenap siswa dan dewan guru yang hadir. Dalam sambutannya beliau mengucapkan permintaan maaf dari segenap keluarga besar Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Q kepada siswa MI Tahfidz El-Muna Q dan MTsTQ.

Baca Juga:  KPU Jogja dan Relawan Demokrasi Sambangi PP Al Munawwir Komplek Q

Acara terakhir pembacaan doa oleh Ibu Nyai Hj. Husnul Khotimah Warson. Usai membaca doa, Ibu Nyai Warson mengajak segenap hadirin membaca penggalan Qasidah Burdah, tak lupa beliau juga memperkenalkan Imam Busiri sebagai pengarang Qasidah Burdah kemudian membacakan surat al-fatihah untuk Imam Busiri. Selanjutnya foto bersama siswi MI El-Muna Q dan MTsTQ bersama dewan guru dan pengasuh dan ditutup dengan mushafahah bersama antara siswi dengan dewan guru.

Reporter : Iqna

Editor : Hab

Penerimaan pesetya didik baru MTsTQ Gelombang II diperpanjang. 

Informasi selengkapnya hubungi kontak: 

Bu Farida : 0859 3027 9167

Bu Izzati : 0812 1699 5343