Hari Kanker Sedunia

HARI KANKER SEDUNIA

Diposting pada 76 views

Peringatan Hari Kanker Sedunia setiap tanggal 4 Februari dengan mengangkat tema berbeda setiap tahunnya. Dari lansiran world cancer day, tahun 2022 ini mengambil tema “Close The Care Gap” yang memiliki arti tutup kesenjangan perawatan.

Inisiasi pertama kali peringatan ini oleh Union for International Cancer Control (UICC). Tujuan peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran kita terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker.

Baca juga Sosialisasi Madin Luring

Tema ini juga bisa bermakna pemerataan akses pelayanan kanker yang bermutu. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan kondisi ekonomi, pengetahuan dan ketersediaan pelayanan kesehatan yang bervariatif. Sehingga berpotensi besar menimbulkan kesenjangan dalam mendapat pelayanan kanker. Oleh karena itu, tema “Close The Care Gap” menjadi pengingat bagi semua orang berhak untuk mendapatkan pelayanan yang adil dan merata.

Mengutip dari kutipan Kementerian Kesehatan, penyakit kanker merupakan penyakit tidak menular. Tandanya dangan adanya sel/jaringan abnormal yang bersifat ganas, tumbuh cepat tidak terkendali, dan dapat menyebar ke tempat lain dalam tubuh penderita.

Baca juga KH. Hasyim Asy’ari, Sang Pendiri NU dan Seorang Pahlawan Nasional

Perlu kita ketahui, kanker merupakan salah satu masalah kesehatan tinggi di dunia maupun di Indonesia. Sekitar 10 juta orang meninggal akibat kanker setiap tahunnya dan bahkan, 70 persen angka kematian akibat kanker terjadi pada negara berkembang, Low Middle Income Countries (LMICs), salah satunya yaitu Indonesia.

Maka dari itu, harapan adanya peringatan Hari Kanker Sedunia mampu menyadarkan semua pihak agar selalu memiliki kesadaran dalam upaya pencegahan kanker. Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah kanker antara lain mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, olahraga secara teratur, dan penerapan pola hidup sehat lainnya.

Baca Juga:  Langit – Langit Sindoro

Oleh: Zahrotul Wakhidah

Sumber:

dinkes.kalbarprov.go.id

health.detik.com

news.detik.com

news.detik.com

Photo by National Cancer Institute on Unsplash