Jelang Ramadhan, Komplek Q Adakan Maqbaroh Akbar

Diposting pada 73 views

Senin (6/3/2023) Menjelang Ramadhan 1444 H, Komplek Q adakan maqbaroh akbar. Seluruh santri mengikuti kegiatan maqbaroh ke makam para pendiri pesantren di makam Dongkelan dan Sorowajan.

Kegiatan dimulai pukul 06.30 WIB sampai pukul 07.00 WIB. Seperti maqbaroh akbar yang lalu (menjelang haul Bapak/red),  selain diikuti oleh seluruh santri juga dihadiri oleh pengasuh, Ibu Nyai Hj. Khusnul Khotimah Warson beserta keluarga dan Kepala Madrasah Salafiyah III, Ustadz Agus Najib.

Agenda pertama adalah maqbaroh di makam Dongkelan. Seluruh santri telah berkumpul di makam pukul 06.15 WIB. Kegiatan diawali dengan membaca asmaul husna. Pembacaan tahlil dipimpin oleh Ustadz Agus Najib dan ditutup dengan doa yang diselimuti suasana khidmat.

Baca Juga:  Menyiram Kebaikan di Bulan Sya'ban

Maqbaroh di Dongkelan telah selesai, agenda selanjutnya yakni maqbaroh di Sorowajan. Maqbaroh ini dipimpin oleh Saudari Reni Wahyuni, Ketua Pondok Komplek Q. Para santri sangat bersemangat untuk melaksanakan kegiatan maqbaroh.

Adanya kegiatan maqbaroh ini menjadi salah satu wadah untuk mengenang dan meneladani para ulama dan masyayikh yang sudah merintis dan mengembangkan pesantren hingga bisa dinikmati sampai saat ini. Terlebih lagi di bulan Sya’ban, menjelang Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi ini memiliki keistimewaan tersendiri bagi para santri.

Oleh : Siti Shofia Latifah Azzahra

Foto : Dokumentasi Pribadi