Keistimewaan Malam Nisfu Sya’ban

Diposting pada 142 views

“Bulan Syaban adalah bulan mulia yang dilupakan orang karena letaknya antara bulan Rajab dan bulan Ramadan.”(HR Abu Dawud dan An-Nasai)

Bulan sya’ban dalah bulan yang penuh keagungan, sehingga di bulan ini Rasulullah SAW memanfaatkannya dengan memperbanyak puasa dan amalan sunah. Salah satu hari istimewa  yang terdapat di bulan sya’ban ini ialah pada malam nisfu sya’ban.

Malam nisfu sya’ban adalah malam pertengahan bulan sya’ban atau malam ke 15 dalam bulan sya’ban. Di tahun ini, malam nisfu sya’ban jatuh pada hari Selasa 7 Maret 2023 ketika maghrib hingga 8 Maret 2023 sebelum maghrib. Lantas, diantara bulan-bulan dalam kalender hijriyah mengapa hanya pada bulan sya’ban saja yang terkenal dengan malam pertengahannya?

Malam nisfu sya’ban dikenal sebagai malam pengampunan dosa, malam berdoa, dan malam pembebasan. Sehingga pada malam tersebut menjadi yang teristimewa dari malam-malam lainnya dengan berbagai kebaikan yang ada. Bahkan Allah menurunkan rahmatNya pada malam nisfu sya’ban ini. Maka dari itu, pada malam nisfu sya’ban terdapat beberapa amalan-amalan serta kemuliaan dan keistimewaan.

Baca Juga:  Alasan Bulan Sya’ban Disebut Ruwah
Amalan-amalan malam nisfu sya’ban
  1. Pertama, membaca surat Yasin 3x ba’da maghrib dengan diniatkan untuk: 1)meminta dipanjangkan umur untuk taat pada Allah SWT dan Rasul-Nya, 2)diniatkan agar dijauhkan dari musibah yang akan menimpa kita, 3)diniatkan agar diberi rezeki yang banyak, berkah untuk beridabah kepada Allah SWT.
  2. Kedua, membaca sebanyak-banyaknya dua kalimat syahadat.
  3. Ketiga, memperbanyak istighfar karena tidak ada satupun manusia yang bersih dari dosa dan salah.
Keistimewaan malam nisfu sya’ban
  • Malam penuh kesucian

Atau yang bisa disebut dengan lailatul bara’ah. Kesucian malam nisfu sya’ban allah akan menurunkan Rahmat-Nya kepada para hamba-Nya yang memohon ampunan kepada-Nya.

  • Malam penuh ampunan

Atau yang bisa disebut dengan malam lailu gufran. Karena pada malam ini allah akan mengampuni seluruh dosa hamba-Nya yang merasa memiliki penuh dengan noda dosa dan keburukan supaya bertaubat kepada Allah SWT. Malam nisfu sya’ban dianggap sebagai waktu yang tepat untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang dimiliki kepada Allah SWT. Karena keutamaan inilah semua umat muslim berusaha untuk memohon ampunan, dan agar mendapatkan pengampunan dari segala dosa yang telah dilakukannya. Dan akan terus berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

  • Malam diterima segala permintaan

Atau yang bisa disebut dengan lailatu al-ijabah (artinya, sebuah malam di mana doa-doa kita dikabulkan oleh Allah SW). Selain mendapatkan ampunan, Allah juga mengabulkan segala permintaan yang hamba-Nya panjatkan.

 

Oleh: Zia Zahra Hudaya

Sumber :

Pictured by Bangsaonline