Pondok-Pesantren-Al-Munawwir-Komplek-Q-Kunjungan-Perpustakaan

Komplek Q Adakan Kunjungan Perpustakaan

Diposting pada 107 views

Jum’at (10/11), Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q mengadakan kunjungan ke Indonesian Visual Art Archive (IVAA). Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari pengurus Divisi Perpustakaan Komplek Q yakni kunjungan perpustakaan. Dengan dihadiri oleh 15 santriwati komplek Q.

Indonesian Visual Art Archive (IVAA) merupakan lembaga pengarsipan seni rupa Indonesia yang berdiri pada tahun 1995 dengan nama Yayasan Seni Cemeti. Kemudian berganti nama menjadi IVAA pada tahun 2007 sebagai organisasi nirlaba yang fokus pada pengarsipan seni. Mulai dari sejarah, surat lama, karya seniman terdahulu dan masih banyak lagi koleksi yang ada. Bahkan perpustakaannya juga dominan berisi buku-buku tentang kesenian.

Kegiatan kunjungan ini diawali dengan pengenalan dan penjelasan materi terkait IVAA oleh kak Ananta. Seluruh peserta menyimak penjelasan dengan baik dan antusias. Dan kemudian peserta diberi kesempatan untuk bertanya terutamanya terkait keperpustakaan.

Baca Juga:  Harlah Perpus El Muna Q Ke-28, Adakan Kunjungan ke Grahatama Pustaka

Tak hanya itu, setelahnya dilanjut dengan room tour yang dipandu oleh kak Santoso. Dengan nuansa ruangan yang estetik, seluruh peserta diajak berkeliling menyingkap apa saja yang terdapat didalamnya. Mulai dari koleksi buku yang ada di perpustakaan, lalu tempat arsip berkas dan koleksi lama yang disimpan secara tematik agar lebih mudah dalam pencarian. Hingga menemukan sebuah positif film dan juga majalah masa penjajahan Jepang yang masih tersimpan rapi dan bagus dalam sebuah dokumen.

Setelah berkeliling melihat berbagai koleksi yang ada dan berfoto-foto, kegiatan selanjutnya yakni penyerahan kenang-kenangan dan dokumentasi. Sebelumnya terdapat sedikit kata penutup sebagai akhir dari perjumpaan di siang itu.

Pada dasarnya, IVAA ini sebagai wadah bagi manusia yang ingin mengeksplor ide liarnya dengan harap bisa terealisasi dengan kesenian yang ada.  Tanpa memandang latar belakang siapa yang datang, IVAA akan terbuka selalu untuk kalian yang butuh ruang gerak dari sesaknya kehidupan.

Begitupun bagi komplek Q, adanya kunjungan ini diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu seputar tata kelola dan sirkulasi buku perpustakaan. Memperkaya ilmu tentang buku bacaan dan arsip, serta sebagai upaya meningkatkan daya minat baca. Seru bukan? Semoga bermanfaat.

 

Pewarta: Kavina Bi’izzika

Foto: Arsip Media Komplek Q