Pondok-Pesantren-Al-Munawwir-Komplek-Q-Kunjungan-Media

Kunjungan Media: Komplek Q X An-Nawawi Berjan

Diposting pada 77 views

Sabtu (11/11), Media Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta mengadakan kunjungan ke Media Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan Purworejo. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Divisi Media dan Publikasi Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q yakni kunjungan media.

Pondok Pesantren An-Nawawi merupakan lembaga pendidikan Islam di daerah Berjan, Kecamatan Gebang, Purworejo, Jawa Tengah yang didirikan pada tahun 1870 M oleh KH. Zarkasyi dengan nama Mafatihul ‘Ulum. Ponpes An-Nawawi mengajarkan pendidikan agama maupun pendidikan umum dengan menggunakan sistem madrasi atau klasikal dan pendidikan formal.

Mengapa An-Nawawi Berjan? Alasan media komplek Q mengadakan kunjungan media ke PonPes An-Nawawi adalah karena sosial media An-Nawawi yang terkelola dengan baik. Sehingga, media Komplek Q berkunjung untuk dapat belajar bagaimana mengelola media pondok dengan baik melalui sharing sessionnya. Selain itu, untuk silaturrahmi dan mengenal baik antara lembaga pondok pesantren terutamanya pada bidang media.

Kegiatan kunjungan media ini berkonsep acara semi-formal, dimana acara dipandu oleh Miftahul Khoiroh sebagai master of ceremony. Kemudian sambutan dari media Komplek Q oleh Ulfatus Syafa’ah dan sambutan dari media An-Nawawi oleh Ahmad Amin Yusuf. Setelahnya dilanjut acara inti yakni sharing session yang fleksibel dipimpin oleh Rifqi Rokhmah sebagai moderator.

Baca Juga:  Komplek Q Adakan Kunjungan Perpustakaan

Dalam sharing session, diselengi dengan canda tawa serta menikmati hidangan yang telah disediakan menambah kesan hangat silaturrahmi. Baik Komplek Q maupun An-Nawawi, saling bertukar pengalaman dan wawasan pengetahuan dalam mengelola media pondok.

Setelah dirasa cukup sharing session dalam kesempatan itu, juga mengingat waktu yang terbatas maka berakhirlah acara. Namun, ini bukan berarti menjadi penutup dan akhiran dari sharing session. Karena kedua lembaga pesantren masih bisa tetap saling bertukar informasi dan pengalaman serta silaturrahmi di lain kesempatan. Penyerahan kenang-kenangan serta foto bersama menutup kegiatan kunjungan kali ini.

Tidak hanya berkunjung terkait media, namun niat baik untuk menjalin hubungan silaturrahmi dan pengalaman serta pembelajarannya semoga menjadi berkah. Seperti pesan Ahmad Amin Yusuf selaku pimpinan media An-Nawawi dari Ali bin Abi Thalib yakni “Semua orang akan mati kecuali karyanya”, semoga baik media Komplek Q maupun media An-Nawawi akan terus semangat dalam berkarya di media pondok pesantren.

 

Pewarta: Zia Zahra Hudaya

Foto: Arsip Media Komplek Q