Kreasi Syi’ir Dalam Rangka Peringatan Isra’ Mikraj

Diposting pada 86 views

Mengakhiri hari-hari pada bulan Rajab yang bertepatan di awal bulan Februari, terdapat suatu moment yang sangat bersejarah bagi umat Islam. Yaitu Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 27 Rajab 1445 H atau bertepatan dengan tanggal 08 Februari 2024. Sehingga, umat Islam akan memperingati hari isra’ mikraj ini dengan berbagai acara kegiatan keislaman dan lain-lain yang positif.

Dalam hal ini, Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q turut menyelenggarakan peringatan Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW 1445 H. Acara peringatan isra’ mikraj ini dilaksanakan di komplek Q dengan beberapa rangkaian acara yang akan dilaksanakan pada tanggal 01 hingga 08 Februari 2024. Rangkaian acara yang pertama adalah lomba kreasi syi’ir pada hari Kamis malam Jum’at tanggal 01 Februari 2024. Bertempat di musala barat Komplek Q, acara dimulai pada pukul 20.00 WIB.

Lomba kreasi syi’ir merupakan acara yang diselenggarakan oleh Divisi PSDS berkolaborasi dengan Divisi IBJ Komplek Q. Dengan perwakilan setiap rayon dari Q2 hingga Q10 sebagai peserta lomba kreasi syi’ir. Dan diikuti oleh seluruh santriwati komplek Q berkumpul menyaksikan lomba di musala barat dengan khidmah. Marcheila Julianti dan Furaidah Miladiyah sebagai master of ceremony yang kece membuka dan memandu acara dari awal hingga akhir.

Baca Juga:  I’tibar dari Peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad saw.

Urutan peserta dimulai dari Q4, Q5, Q6, Q3, Q10, Q7, Q8, dan terakhir Q2. Setiap peserta menampilkan kreativitas syi’ir dengan nada, irama, bahkan pakaian yang memukau. Para santriwati komplek Q yang turut menyaksikan pun terpukau akan penampilan kreasi syi’ir yang ditampilkan. Juri yaitu Mutiara Nurul Azkia dan Afrida Aunil Ilah menilai dengan kriteria penilaian meliputi vokal, variasi lagu, penghayatan, kekompakan, pakaian, dan ketepatan waktu.

Setelah semua peserta maju, lomba pun ditutup oleh master of ceremony. Lomba kreasi syi’ir dalam rangka memperingati isra’ mikraj Nabi Muhammad 1445 H selesai pada pukul 21.45 WIB. Semoga, dengan adanya lomba kreasi syi’ir ini dapat meningkatkan kreativitas santri komplek Q dalam bersyi’ir. Tak hanya itu, juga dapat menumbuhkan sikap kebersamaan, kekompakan, supportif dengan penuh totalitas.

Keseruan kegiatan komplek Q tidak hanya lomba kreasi syi’ir saja. Masih ada beberapa rangkaian acara dalam memperingati hari isra’ mikraj Nabi Muhammad SAW 1445 H. Nantikan dan tetap semangat untuk turut menyukseskan kegiatan-kegiatan positif Komplek Q.

 

Pewarta: Zia Zahra Hudaya

Foto: Arsip Media Komplek Q