TPQ Se-Kecamatan Rowosari Kendal Berkunjung ke MTPA El-Muna Q

Diposting pada 56 views

Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q memulai akhir pekan pertama di bulan Februari dengan menerima kunjungan dari TPQ (Taman Pengajian Al-Qur’an) se-Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Lebih tepatnya pada Ahad (04/02/24) yang mana kunjungan berlangsung mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Bertempat di musala barat Komplek Q.

Rombongan dari TPQ se-Kecamatan Rowosari diterima dengan hangat oleh Pengurus Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q, didampingi asatidzah yang memegang langsung jenjang pendidikan MTPA El-Muna Q. Acara dipimpin oleh Mufidah Hidayatul Ilmi sebagai moderator, yang bertanggung jawab atas jalannya rangkaian acara dari awal hingga akhir.

Rangkaian acara meliputi pembukaan, sambutan-sambutan, sosialisasi program MTPA (Madrasah Tahfidz Putri Anak) El-Muna Q, doa, dan penutup. Gus Kholid memberikan sambutan selaku perwakilan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q. Sementara itu, Bapak Izzudin Rahmat selaku Koordinator TPQ se-Kecamatan Rowosari, turut memberikan sambutan.

Baca Juga:  Kisah Santri Angkatan Pertama MTPA (Madrasah Tahfidz Putri Anak-anak) Komplek Q Krapyak

Disampaikan bahwasanya hajat dan maksud kedatangan asatidz-asatidzah TPQ se-Kecamatan Rowosari ke Komplek Q, yakni untuk sosialisasi dan kunjungan studi banding program MTPA El-Muna Q. Kegiatan kunjungan ini bertujuan untuk memetakan dan mempelajari praktik terbaik yang telah dilakukan MTPA El-Muna Q dalam kegiatan belajar mengajar.

Sesi utama pada acara ini adalah sosialisasi program MTPA El-Muna Q, yang dipresentasikan oleh Ustadzah Fitria Nur Fajri Oktaviana dan Ustadzah Wirdatul Hasanah. Mereka menjelaskan visi, misi, program pembelajaran, kurikulum, kegiatan harian, dan strategi pembelajaran yang diterapkan di MTPA El-Muna Q. Setelah presentasi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang terbagi dalam dua sesi. Dimana masing-masing sesi diberikan kesempatan untuk tiga penanya.

Menyoroti satu pertanyaan menarik dalam sesi tanya jawab tersebut yakni terkait metode yang digunakan oleh asatidzah di MTPA El-Muna Q untuk membentuk karakter anak kecil yang notabene sulit diatur. Dijelaskan bahwa selain terus menerus diingatkan secara lisan, metode pembiasaan dan pemberian contoh langsung dengan perilaku menjadi kunci. Anak-anak juga diajak untuk bersosialisasi dan belajar bersama teman-teman lain yang pola hidupnya sudah terbentuk dengan baik. Sehingga pola hidup positif dapat ditiru dari lingkungan sekitarnya.

Baca Juga:  MI Tahfidz El Muna Q Terakreditasi A

Kemudian dari asatidzah pun memberikan bimbingan khusus kepada anak-anak. Terutama dalam program mengaji untuk membentuk kebiasaan belajar yang sesuai. Hal ini penting karena dalam mengaji, pemahaman tentang makhorijul huruf yang tepat menjadi kunci utama dalam mempelajari dan menghafal Al-Qur’an.

Dengan demikian, kedepannya diharapkan TPQ se-Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal dapat mengimplementasikan metode pembelajaran yang sesuai, seperti metode yanbu’a, pembelajaran talaqqi, tahsin, dan penambahan hafalan serta setoran dalam kegiatan mengaji.

Sesi berakhir dengan doa yang dipimpin oleh Ibu Nyai Hj. Husnul Khotimah Warson selaku Pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q. Setelah penutupan acara, Ibu Nyai Hj. Husnul Khotimah Warson beserta menantunya, Ibu Hj. Ati Lutfia Baiti melakukan mushofahah dengan asatidzah dari TPQ tersebut. Kemudian dilanjut dengan sesi foto bersama.

Baca Juga:  Semaan Perdana Siswi MI Tahfidz El Muna Q

Kunjungan studi banding ini menjadi ajang berbagi informasi dan pengalaman antara Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q terkhusus MTPA El-Muna Q dengan TPQ se-Kecamatan Rowosari. Sembari memperkuat sinergi dalam pengembangan pendidikan Al-Qur’an dan pembentukan karakter anak-anak. Diharapkan, kegiatan seperti ini akan terus dilakukan oleh institusi pendidikan lain baik formal maupun nonformal. Guna mendorong pengembangan dan perbaikan sistem pendidikan Al-Qur’an di Indonesia.

 

Pewarta: Yumna Fitriani Al Fauziyah

Foto: Arsip Media Komplek Q