Selasa, 20 November 2018, PP Al Munawwir Komplek Q mengadakan pembacaan sholawat diba’iyah sebagai bentuk peringatan Maulud Nabi Muhammad Saw. Peringatan maulud diawali dengan mujahadah sholawat nariyah dan surat Al-Kautsar sejak hari Minggu, 18 November hingga Selasa, 20 November 2018.

Mujahadah dilaksanakan setelah sholat isya’ berjama’ah di mushollah barat. Kegiatan ini dipimpin oleh salah satu santri tahfidz. Pembacaan sholawat nariyah sebanyak 4444 kali dibagi dengan seluruh santri yang hadir di musbar. Kemudian sholawat nariyah dibaca bersama-sama sesuai dengan jumlah yang sudah dibagi.

Sedangkan pembacaan surat Al-Kautsar sebanyak 1000 kali. Mekanisme pembacaan surat Al-Kautsar juga sama dengan sholawat nariyah. Mujahadah ini ditutup dengan do’a dan pembagian snack kepada santri.

Pelaksanaan mujahadah ini sebagai bentuk penyambutan 12 Rabiul Awal 1440 H. Sebagaimana yang sudah diketahui, pada tanggal tersebut lahirlah seorang manusia mulia yang menjadi panutan kita semua, Nabi Muhammad Saw. “ 3 Hari berturut-turut didawuhi ibu untuk banyak baca sholawat,” ujar Apriliyah selaku koordinator Divisi Ibadah Jam’iyah.

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Apriliyah, Mujahadah ini dilaksanakan atas arahan dari pengasuh. “ Dalam rangka menyambut 12 Rabiul Awal,” dalih Pengurus tersebut. Oleh karena itu kegiatan ini diwajibkan bagi seluruh santri.

Setelah mujahadah, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan sholawat diba’iyah. Jika setiap malam Jum’at, petugas sholawat bergilir dari setiap kamar, maka pada edisi maulid ini, petugas berasal dari seluruh jajaran pengurus. Pembacaan sholawat ini berlangsung selama dua hari. Pembacaan sholawat diba’iyah ini tak lain sebagai bentuk cinta kita kepada nabi dengan membaca pujian, sejarah dan riwayat beliau yang tercantum dalam syi’ir diba’iyah.

Peringatan maulid nabi akan ditutup dengan pengajian bersama Gus Irwan Masduqi, Lc. M.Hum. Gus Irwan adalah pengasuh PP Assalafiyyah, Mlangi. Pengajian ini akan dilaksanakan para malam Jum’at, 22 November 2018, pada pukul 20.00 di musholla barat. (fdh)

Leave a Comment