Pembukaan Kegiatan Muharroman Al-Munawwir Krapyak 1444 H

Diposting pada 46 views

(04/08/2022) Pembukaan kegiatan Muharroman Al-Munawwir Krapyak 1444 H diselenggarakan di Aula AB Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Setelah vakum 2 tahun lamanya karena pandemi, maka tahun ini terselenggara kembali acara Muharroman Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Muharroman tahun ini bertemakan “Kreativitas dan Sportivitas Santri Dalam Semangat Kemerdekaan untuk Mewujudkan Tahun Baru Islam yang Harmonis”. Terdapat berbagai bentuk perlombaan guna meramaikan kegiatan Muharroman, dengan para santri dari berbagai komplek yang menjadi partisipan acara dan perlombaan tersebut.

Sambutan-sambutan

Pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Muhammad Shofi Kamil menjadi pembuka acara tersebut. Kemudian sambutan oleh saudara Ahmad Mirshad Al-Ghozali selaku ketua panitia Muharraman Al-Munawwir Krapyak 1444 H. Sambutan kedua oleh Gus Ahmad Munadi selaku Ketua Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Acara Muharroman ini, harapannya dapat menjadi timbal balik dalam menjalin hubungan silaturahmi yang baik antar santri dari berbagai komplek.

Sambutan ketiga sekaligus pembukaan oleh KH. Sidqi Masyhuri selaku perwakilan dewan pengasuh dan yayasan menyampaikan beberapa hal. Dari ucapan terima kasih kepada segenap panitia yang telah berusaha dalam menyelenggarakan serta kepada seluruh santri yang berpartisipasi dalam memeriahkan acara kegiatan Muharroman ini. Dengan harapan baik agar kegiatan Muharroman ini bisa berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Beliau berpesan “Jangan jadikan acara ini sebagai ajang untuk menang ataupun kalah, tetapi sebagai ajang silaturahmi antar santri per-komplek.”

Baca Juga:  Komplek Q Sabet Emas Pertama di Ajang Muharroman

Hal ini menjadi bukti bahwa santri itu tidak hanya bisa dalam mengaji, tetapi santri juga memiliki bakat terpendam dan prestasi yang melekat pada dirinya. Tentu saja, semuanya harus berlandaskan sikap sportivitas yang tinggi dengan berlaku adil, mengakui setiap kemenangan maupun kekalahan. Selain itu, kegiatan ini menunjukkan bahwa santri-santri itu sehat, dapat terlihat dari berbagai lomba bidang keolahragaan.  Dalam kegiatan ini, diharapkan bisa menumbuhkan bibit-bibit keunggulan pada generasi santri selanjutnya.

Selepas memberi sambutan, beliau memukul gong sebanyak 3x sebagai tanda dari mulainya serangkaian acara kegiatan Muharroman Al-Munawwir Krapyak 1444 H. Berakhirlah acara pembukaan pada malam hari ini, dengan doa penutup oleh KH. Muhtarom Busyro. Semoga dengan terselenggaranya kembali acara Muharroman ini, dapat menumbuhkan semangat berkreativitas dan sportivitas santri serta senantiasa diberikan kelancaran dan kesehatan selama acara berjalan. Aamiin…

Oleh : Zia Zahra Hudaya

Foto : Dokumentasi Pribadi