Pemilihan Lurah ; Harapan Baru Menuju Komplek Q yang Berintegritas

Diposting pada 143 views

Sidang komisi pada rangkaian acara Rapat Akhir Kepengurusan (RAK) PP Al-Munawwir Komplek Q periode 2019-2021 dilaksanakan pada Ahad 21 November 2021. Sidang komisi dibagi menjadi dua, yaitu komisi  A yang membahas mengenai konsolidasi pengurus dan komisi B yang membahas mengenai rancangan pokok-pokok program kerja pengurus.

Setelah dilaksanakannya sidang komisi, dilaksanakan sidang pleno 3, yaitu penggabungan hasil dari sidang komisi A dan sidang komisi B. Pada sidang pleno 3 peserta sidang diperbolehkan untuk menanggapi hasil dari pembahasan di masing-masing komisi. Pengurus periode 2019-2021 resmi dinyatakan demisioner pada sidang pleno 4. Sebagai penutup acara di siang hari, diputarkan video dokumentasi kepengurusan periode 2019-2021 yang dipersembahkan oleh pengurus periode 2019-2021.

Rangkaian acara RAK selanjutnya yaitu pemungutan suara. Peserta pemilihan terdiri dari seluruh santri Komplek Q dari Q2 sampai Q10, pembimbing MTPA, santri MTPR, Ndalem, dan Ahlein. Pemungutan suara dilaksanakan pada pukul 13.00-15.00 WIB di musala barat dan di gedung baru. Seluruh santri Komplek Q diwajibkan untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan lurah.

Penghitungan suara dan pengumuman pemenang lomba merupakan puncak dari rangkaian acara RAK. Acara ini berlangsung pada pukul 19.00 WIB di musala barat. Penayangan video lomba kampanye menjadi pembuka acara dan kemudian dianjutkan dengan penghitungan suara. Dari hasil penghitungan suara diperoleh 147 suara untuk kandidat 1 Mustahiqqul Jannah, 185 suara untuk kandidat 2 Reni Wahyuni, dan 7 suara tidak sah.

Hafidhoh Ma’rufah, selaku demisoner Lurah Komplek Q periode 2019-2021 menyerahkan mahkota dan memakaikan selempang “The Queen of El-Muna Q” kepada Reni Wahyuni sebagai Lurah terpilih.

“Menjadi Lurah bukanlah hal yang ringan. Harus siap mengorbankan banyak hal, baik itu studi, karir, keluarga, ataupun yang lainnya. Untuk itu diharapkan para santri Komplek Q menghargai siapapun yang terpilih menjadi lurah ataupun pengurus. Dan saya harap para santri bisa membantu Reni Wahyuni selaku Lurah Komplek Q untuk menyukseskan kepengurusan selama dua tahun kedepan”.  Pesan Hafidhoh Ma’rufah kepada seluruh santri Komplek Q.

Dalam sambutan pertamanya sebagai Lurah Komplek Q, Reni Wahyuni menyampaikan terima kasih kepada seluruh santri Komplek Q yang telah menaruh amanah kepadanya. Reni Wahyuni berharap semoga para pengurus di kepengursan selanjutnya diberi kekuatan dan keikhlasan dalam berkhidmah di Komplek Q.

Acara dilanjutkan dengan penayangan video lomba kampanye dan kemudian dilanjutkan dengan pengumaman pemenang lomba. Lomba-lomba yang diselenggarakan oleh panitia RAK, yaitu lomba video kampanye calon lurah dan lomba yel-yel yang diikuti oleh masing-masing rayon, dan lomba twibbon yang bersifat individu.

Terselenggaranya pemilihan Lurah Komplek Q diharapkan dapat membentuk kepengurusan baru yang melahirkan harapan-harapan baru bagi kemajuan Komplek Q.

Oleh : Husna Nailufar

Foto : Dokumentasi Pribadi