Peringati Hari Santri Nasional 2021 Santri PP Almunawwir Laksanakan Upacara

Diposting pada 32 views

Jumat (22/10) PP Almunawwir laksanakan upacara guna memperingati Hari Santri Nasional yang telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 di masjid Istiqlal. Upacara dilaksanakan di halaman masjid pusat PP Almunawwir dan diikuti oleh seluruh santri dari semua komplek beserta para pengasuh.

Upacara peringatan Hari Santri Nasional ini berjalan sebagaimana upacara pada umumnya. Seluruh petugas upacara, dari pemimpin, pengibar bendera hingga tim paduan suara merupakan santri PP Almunawwir. Untuk pembina upacara kali ini adalah Kyai Fahmi Dalhar, pengasuh Komplek Nurussalam.

Seperti biasa, pada upacara peringatan Hari Santri Nasional peserta tidak hanya membaca pancasila, tetapi juga membaca Ikrar Santri Indonesia yang berjumlah 5 poin dengan dipimpin oleh pembina upacara.

Upacara yang dimulai pukul 07.00 WIB itu berjalan dengan hikmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Seluruh peserta upacara wajib menggunakan masker dan dilarang melakukan kontak fisik dengan santri komplek lain. Untuk santri Komplek Q sendiri diberlakukan larangan mampir sepulang dari upacara.

Usai upacara, dilangsungkan peresmian pembukaan peringatan Hari Lahir (Harlah) PP Almunawwir yang ke-110. Peresmian dilakukan dengan menerbangkan seikat balon yang membawa tulisan “Harlah” dengan disaksikan oleh selururh peserta upacara.

Sekalipun upacara kali ini masih dalam nuansa pandemi, bisa dikatakan upacara berjalan dengan lancar tanpa melanggar protokol kesehatan. Hanya saja upacara berjalan lebih singkat tanpa ada pertunjukan bakat santri seperti sebelum adanya pandemi. Semoga peringatan Hari Santri tahun depan berjalan normal tanpa ada kekhawatiran terpapar virus seperti saat ini.

Selamat Hari Santri Nasional 2021!

Santri Siaga Jiwa dan Raga!

Oleh: Dewi Hab

Foto: Dokumentasi Pribadi