Tingkatkan Kreatifitas Santri, PP Almunawwir Komplek Q Adakan Pelatihan Desain Grafis

Diposting pada 19 views

Rabu (20/10) PP almunawwir komplek Q memberikan pelatihan desain grafis kepada para santri. Pelatihan ini dilaksanakan di musala barat dengan menghadirkan pemateri dari internal Komplek Q sendiri, Erfika Qatrunnada dan Nur Kholifah. Keduanya merupakan anggota Divisi Media dan Publikasi PP Almunawwir Komplek Q yang dianggap mumpuni dalam bidang desain grafis.

Pelatihan desain grafis ini dibuka oleh Zahrotul Wahidah (MC) dan diikuti oleh tim redaksi Komplek Q, admin sosial media Komplek Q, perwakilan tiap divisi kepengurusan, serta beberapa perwakilan rayon dengan harapan santri Komplek Q bisa lebih kreatif dan mandiri dalam mengikuti perkembangan media digital, baik di masa kini maupun di masa yang akan datang.

Ada dua sesi dalam pelatihan ini, yaitu sesi pertama yang berisi pemaparan materi dan sesi kedua yang berisi praktek desain oleh peserta. Sesi pertama berlangsung pukul 10.30-12.00 WIB kemudian ada jeda satu jam untuk isoma. Setelahnya pelatihan dilanjutkan sesi kedua pada pukul 13.00-16.30 WIB.

Pada praktiknya para peserta tampak antusias dan bersemangat dalam mengikuti pelatihan desain ini, bahkan sang pemateri, Erfika terang-terangan mengakui hal tersebut.

Ternyata para peserta lebih antusias dari yang saya kira. Hampir semuanya sedikit banyak sudah mengenal corel. Padahal dari kami mengira akan banyak yang menggunakan aplikasi Canva, tapi ternyata semuanya menggunakan Corel, jadi ya lebih dari ekspektasi.” Ungkap Erfika

Erfika juga berharap dengan pelatihan ini para peserta, terutama dari masing-masing divisi bisa membuat pamflet sendiri jika program kerja atau acara kecil yang membutuhkan pamflet.

Peserta pelatihan ini juga dari perwakilan divisi-divisi supaya nanti kalau ada acara kecil-kecilan mereka sudah punya bekal untuk membuat pamflet sendiri. Jadi untuk tim media bisa lebih fokus mengerjakan event-event besar.” Tambahnya.

Di akhir sesi, Erfika menayangkan hasil karya para peserta dan memberikan komentar, kritik, serta saran pada masing-masing karya. Erfika memberikan masukan terkait kesesuaian warna, font, dan presisi foto dan tulisan. Tak hanya itu, peserta juga diminta untuk memberikan komentar pada karya temannya agar bisa lebih peka terhadap estetika desain grafis.

Acara pun berakhir pukul 16.30 WIB usai evaluasi seluruh hasil karya peserta pelatihan desain.

Oleh: Dewi Hab