Persiapan Bersemi: Latihan Wisuda MASAGA Menuju Momen Bersejarah

Diposting pada 152 views

Madrasah Salafiyah III (MASAGA) menyelenggarakan acara pelatihan sebagai bagian dari persiapan wisuda pada tanggal 25 Februari 2024 mendatang. Acara yang berlangsung di halaman Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q ini dihadiri oleh 51 calon wisudawati, diantaranya 32 calon wisudawati Madrasah Salafiyah Tiga dan 19 calon khotimat imrithi yang akan segera menyandang gelar wisudawati.

Pelatihan berjalan lancar dan dimulai pada pukul 20.25 WIB dengan dihadiri santri mustawa khomisah, wisudawati khotimat imrithi, dan panitia wisuda. Setiap detail acara dipersiapkan dengan teliti, mulai dari protokol masuk, urutan acara, hingga penataan tempat duduk wisudawati. Dalam proses pelatihan, turut hadir santri lulusan MASAGA tahun sebelumnya yang membimbing dan mendampingi proses pelatihan serta membentuk panitia wisuda.

Baca Juga:  Majelis Wisuda XXIII Madrasah Salafiyah III Al-Munawwir Komplek Q

Acara diawali dengan master of ceremony (MC) yang memberikan petunjuk dan arahan kepada seluruh calon wisudawati. Sebagai persiapan, para santri berkesempatan untuk berlatih menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, himne Nahdlatul Ulama, dan mars Madrasah Salafiyah III.

Simulasi prosedur penerimaan dan penyerahan sertifikat juga dilakukan dengan cermat. Para santri berlatih tertib memasuki aula  sesuai  nomor urut dan menerima ijazah  dari pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q. Momen ini dianggap sebagai puncak acara dan sangat berarti bagi para calon wisudawati.

Selama proses latihan diadakan sesi evaluasi singkat untuk meninjau keseluruhan proses dan memberikan umpan balik kepada calon wisudawati dari panitia wisuda. Seluruh aspek acara dipersiapkan dengan baik dan kritik yang membangun diberikan untuk memastikan hari berjalan lancar.

Baca Juga:  28 Santri Resmi Diwisuda

Antusiasme dan semangat para wisudawati terlihat jelas sepanjang acara pelatihan. Mereka tampak bangga dan bersemangat karena bisa segera menghadiri acara wisuda mendatang, sebuah tonggak sejarah berharga dalam perjalanan pendidikan mereka di Madrasah Salafiyah III.

Latihan berakhir pada pukul 23.00 WIB. Dengan berakhirnya acara pelatihan ini, para calon wisudawati dan panitia wisuda Madrasah Salafiyah III semakin siap menghadapi momen bersejarah dalam hidup mereka. Semoga upacara wisuda nanti berjalan lancar dan menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi semua yang terlibat.

 

Penulis: Ria Audina

Foto: Arsip Media Komplek Q