PKR

PKR 1443 H. Resmi Dibuka

Diposting pada 68 views

Kamis (31/3/2022) Santri Komplek Q mengikuti pembukaan Program Khusus Ramadhan 1443 H. yang bertempat di Mushola Barat pukul 20.00. Program Khusus Ramadhan atau yang bisa kita kenal dengan PKR merupakan suatu program tahunan pada bulan Ramadhan dengan mengkaji kitab-kitab klasik (turats) maupun modern dan kegiatan lainnya.

Pelaksanaan Program Khusus Ramadhan (PKR) kali ini secara tertutup khusus santri Komplek Q saja dan berlangsung selama 20 hari. PKR kali ini terdapat berbagai macam kegiatan, seperti pengajian Ramadhan, kuliah subuh, muqaddaman, tadarus Alqur’an, buka bersama, peringatan Nuzulul Qur’an, simakan, dan lomba-lomba yang turut serta memeriahkan PKR 1443 H. ini.

PKR tahun ini mengusung tema “Sparkling Ramadhan by Upgrading Spirit of Iman” dengan harapan Ramadhan tahun ini dapat meningkatkan semangat keimanan kita terutama dalam beribadah, mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Baca Juga:  Bulan Ramadhan, Penuh Ampunan, Berkah dan Kemuliaan

Kegiatan PKR 1443 H. dibuka oleh grup Hadroh Tsamrotul Muna dan dilanjut dengan mahallul qiyam. Setelah itu acara pembukaan PKR dengan Master of Ceremony, Mufrita Laili. Kemudian Pembacaan Ayat Suci Alqur’an oleh Alifatun Dzakiroh.

Kemudian dilanjut dengan Sambutan Pengasuh sekaligus membuka secara resmi kegiatan PKR 1443 H. yang diwakili oleh Gus Kholid Arif Rozaq. Dalam sambutan beliau dijelaskan bahwa sebentar lagi akan kedatangan tamu yang paling mulia yaitu syahru Ramadhan, syahru shiyam. Sebagaimana dalam hadis nabi,

مَنْ فَرِحَ بِدُخُولِ رَمَضَانَ حَرَّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلىَ النِّيْرَانِ

Dari hadis tersebut dapat kita ketahui bahwa siapa saja yang senang dengan masuknya bulan Ramadhan, maka Allah Swt. akan mengharamkan jasadnya untuk masuk ke neraka.

Baca Juga:  Bulan Ramadhan: Menyambut Bulan Penuh Berkah

Puasa merupakan upaya mengendalikan diri dan nafsu bukan malah menjadi upaya pengekangan diri terutama dalam makan. Ketika kita buka puasa ya sewajarnya saja, tidak malah balas dendam harus makan banyak karena seharian tidak makan.

Pelaksanaan puasa tahun ini berbeda-berbeda. Ada yang sudah mulai puasa tanggal 2 April ataupun 3 April karena manhaj-nya berbeda-berbeda, baik hisab maupun rukyah. Bukan berarti kita ikut puasa yang akhir mulainya dan malah ikut idul fitri yang duluan pelaksanaannya.

Closing statement dari sambutan beliau, semoga PKR tahun ini semua santri dapat berpartisipasi dengan baik serta dapat menjalani puasa dan ibadah dengan sebaik-baiknya.

Oleh: Fina Izzatul Muna