PKR 1445 H Done! Sekaligus Peringatan Nuzulul Qur'an

PKR 1445 H Done! Sekaligus Peringatan Nuzulul Qur’an

Diposting pada 98 views

Kamis malam Jumat (28/03/24) Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q mengadakan acara peringatan nuzulul qur’an sekaligus penutupan kegiatan Program Khusus Ramadan (PKR) 1445 H. Menjadi puncak kegiatan PKR 1445 H yang telah berlangsung selama 20 hari lamanya. Bertempat di musala barat Komplek Q dengan dihadiri seluruh santri Komplek Q

Acara dimulai pada pukul 20.30 dengan pra acara pembacaan sholawat oleh grup hadroh Tsamrotul Muna. Lalu acara dibuka dan dipandu oleh Zakiyyah Fi Rahmatillah sebagai master of ceremony. Kemudian dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Nila Fadla Salsabila. Acara selanjutnya adalah sambutan oleh pengasuh pondok yang diwakilkan oleh Gus Kholid Arif Rozaq, S.Hut.,M.M.

Dalam sambutan beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada pantia yang telah mempersiapkam acara dengan sangat baik hingga akhir penutupan. Dan kepada seluruh santri komplek Q atas antusias dalam menjalankan kegaitan PKR.

Baca Juga:  Terpilihnya 17 Ramadan sebagai Nuzulul Qur’an

Kemudian dilanjut acara inti yakni mauidhoh hasanah oleh Bapak KH. M. Ikhsanudin, M.S.I. Sehubungan dengan acara memperingati nuzulul qur’an, pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan i’tibar dari surat Al-Alaq.

Menurut penuturan beliau, surat Al-Alaq ayat 1 berisikan tentang ajakan untuk menjadi seorang ilmuwan, seorang cendekiawan, atau seorang yang betul-betul bisa membaca peradaban. Di dalam ayat 1 pada bacaan “اقْرَأْ” dalam kaidah tafsir bahwa makna “membaca” disini bersifat universal. Artinya tidak membatasi manusia untuk membaca Al-Qur’an saja tetapi bisa juga dengan membaca semua ilmu pengetahuan maupun alam ciptaannya Allah.

Asalkan bacaan-bacaan tersebut bertujuan untuk menyebut nama Allah atau mengagungkan nama Allah. Beliau berpesan untuk para santri yang sudah kuliah yaitu jangan hanya berhenti menuntut ilmu di jenjang S1 saja. Tetapi abadikan hidup kita untuk ilmu, untuk kemudian memajukan peradaban Islam.

Baca Juga:  3 Hal yang Melatarbelakangi Nuzulul Qur’an

Selesainya mauidhoh hasanah disampaikan, dilanjut pembacaan do’a oleh KH. M. Ikhsanudin, M.S.I. Dan kemudian ke acara yang terakhir sebelum penutup, yang dinanti-nantikan oleh seluruh santri komplek Q. Yaitu pengumuman kejuaran lomba kampung ramadan dan hias parsel dalam kegiatan PKR.

Walaupun waktu telah berjalan larut, tetapi tidak mematahkan semangat antusias para santri komplek Q dalam berkhidmah mengikuti seluruh rangkaian acara hingga selesai. Kegiatan PKR 1445 H dinyatakan selesai, semoga di kegiatan PKR yang akan datang tetap dengan semangat dan semoga kita mendapatkan keberkahan. Amin…

 

Pewarta: Laisa Fikriyatul Muskila

Foto: Arsip Media Komplek Q