Akhir-akhir ini, kita sering kali berjumpa dengan istilah selfcare dan juga selflove, terlebih lagi pada sosial media yang erat dengan mood perempuan, emm kenapa yaa? Yuk simak penjelasan lebih lengkapnya lagi.

Selfcare adalah usaha merawat diri sendiri dan peduli dengan kebutuhan fisik dan juga mental. Selfcare harus dilakukan agar kita memiliki waktu untuk merasa tenang dan membuat diri kita nyaman. Bentuk pengaplikasian selfcare sangat banyak dan tak akan habis sehari semalam jika dikupas tuntas. Singkatnya saja, seperti mengaplikasikan masker, toner, serum dan kawan-kawannya pada wajah setelah beraktivitas atau yang lebih sering kaum hawa sebut dengan istilah ‘skincare routine‘, menyantap makanan atau minuman favorit, menonton film di bioskop yang sudah kita nanti tanggal rilisnya, dan masih banyak yang lainnya lagi.

Nah, beda lagi sama selflove, kalau selflove lebih ke arah usaha untuk meningkatkan rasa syukur dan menerima diri sendiri, baik secara fisik maupun mental. Selflove bisa diwujudkan dengan kita memaafkan diri sendiri dan menerima apa adanya kita, contoh realnya yaitu berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain, stop menyamakan standar diri kita dengan orang lain pula. Nah kenapa tadi diawal semua ini erat kaitannya dengan mood perempuan? Hayo yang perempuan pasti sudah mencoba menebak-nebak nih.

Alasan terkuat yaitu karena banyak sekali racun dunia maya yang mengombang-ambingkan jati diri seorang perempuan, terutama kepercayaan diri pada bentuk fisiknya, dan juga pada paras rupanya. Tak hanya puluhan, bahkan ratusan racun skincare baru terjun didunia per-skincare-an dengan janji manis menjadikan wajah mulus nan rupawan membuat mindset para perempuan kini bahwa yang cantik adalah mereka yang berwajah putih, mulus, tanpa jerawat, alias glowing. Wake up girls! Kalian semua cantik, jangan berfokus pada standar kecantikan orang lain, jadilah cantik untuk dirimu sendiri.

Jadi, sampe sini paham kan perbedaan selfcare dan selflove, meskipun beda tapi keduanya sama pentingnya untuk kesehatan mental maupun fisik pribadi kita. Yang masih sering insecure, masih ngrasa selalu kurang cantik, borosin duit beli ini itu demi kulit glowing, stop dulu borosnya yuk, yang sederhana saja asal kulit sehat dan bersih. Jangan lupa juga untuk selalu heartcare, perbanyak sholawat dan juga doa ya.

Semangat untuk peduli dan mencintai diri sendiri 🖤

Sumber: cewekbanget.id

Oleh: Syarifah Zaidah

Foto: by Kelly Sikkema on Unsplash

Leave a Comment