Serba-Serbi PKR 1445 H: Lomba Kampung Ramadan

Serba-Serbi PKR 1445 H: Lomba Kampung Ramadan

Diposting pada 97 views

Program Khusus Ramadan (PKR) Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q hingga hari ini masih berjalan. Salah satu rangkaian kegiatan PKR 1445 H kali ini adalah lomba-lomba, yakni lomba kampung Ramadan dan lomba parsel. Pada Kamis (21/03) diadakan lomba pertama yaitu lomba kampung Ramadan.

Lomba kampung Ramadan merupakan lomba menghias rayon seindah dan semenarik mungkin dengan tema tentang Ramadan. Dan pada setiap rayon mencoba menghias rayonnya dengan tema Ramadan yang diinginkan sehingga mampu membuat suasana Ramadan lebih terasa. Atau hidup dengan adanya hiasan yang indah yang pastinya mempunyai makna tersendiri.

Baca Juga:  Majelis Burdah: Resmi Membuka PKR 1455 H

Baik dari rayon Q2, Q3,Q4,Q5,Q6,Q7,Q8, dan Q10 masing-masing menampilkan kreativitasnya yang unik-unik, menarik, indah, dan meriah. Juri yang didampingi sie acara panitia PKR secara acak berkeliling dari rayon ke rayon untuk melakukan penilaian, menambah rasa was-was santri setiap rayonnya.

Penilaian kampung Ramadan ini dilakukan pada hari Kamis malam Jum’at, 10 Ramadan 1445 H atau bertepatan dengan 21 Maret 2024 M. Untuk dewan juri penilaian kampung Ramadan yaitu Hannah Nafisah dan Shofiyanal Uyyun dilakukan secara objektif. Dengan kriteria penilaian meliputi kreativitas, filosofi, kebersihan, keindahan, penyambutan dan kekompakkan.

Prosedur acara dimulai dengan dewan juri yang disambut oleh para anggota rayon dengan yel-yel atau nyanyian yang telah di persiapkan. Serta berpenampilan menarik sesuai dengan tema yang dibawakannya. Setiap kamar harus memiliki peraturan keamanan Komplek Q, daftar anggota kamar, jadwal kegiatan PKR 1445 H, dan jadwal pengajian PKR 1445 H yang harus tertempel.

Baca Juga:  Awali PKR 1445 H Dengan Maqbaroh

Acara berlangsung sangat seru dan meriah di setiap rayonnya, sehingga sorak ramai begitu menggema di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q. Karena para santri memang begitu antusias dalam mengikuti perlombaan kampung Ramadan ini. Diadakannya acara ini membantu santri untuk menuangkan kreativitas serta memeriahkan kegiatan Ramadan agar lebih berkualitas.

Tak lain, juga untuk meningkatkan solidaritas antar santri, rasa gotong royong, dan menciptakan suasana bahagia dalam kebersamaan. Semoga, santri juga mendapatkan keberkahan bulan Ramadan atas keikutsertaannya dalam memeriahkan lomba kampung Ramadan ini.

 

Pewarta: Laisa Fikriyatul Muskila

Foto: Arsip Media Komplek Q