Bukber : Momen Kebersamaan di Bulan Ramadhan

Diposting pada 118 views

Program Khusus Ramadhan ( PKR ) Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Q memiliki berbagai rangkaian acara. Salah satunya adalah agenda Buka bersama . Agenda Buka bersama (Bukber)  ini terus dilaksanakan di setiap tahunya oleh para santri Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Q . Biasanya dilaksanakan 2 kali selama Program Khusus Ramadhan berlangsung.

Kemarin pada tanggal (15/03/2024) dan pada tanggal ( 22/03/2024) telah berlangsung buka bersama di halaman Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Q. Buka bersama tahun ini, menu yang disajikan oleh panitia adalah ayam bakar pada buka puasa pertama dan lele goreng pada buka puasa kedua. Seluruh santri antusias mengikuti agenda  buka bersama tersebut. para santri meromantisasi momen pada bulan ramadhan dengan buka bersama.

Baca Juga:  Bulan Ramadhan: Menyambut Bulan Penuh Berkah

Seluruh santri berkumpul dan menunggu waktu berbuka puasa di halaman Pondok Pesantren Al Munawir Komplek Q. Ketika adzan berkumandang seluruh santri berdoa bersama dan berbuka dengan hidangan yang telah disiapkan. Buka bersama adalah sebuah momen kebersamaan yang membuat ramadhan semakin berkesan.

Ketika di pondok kita tidak perlu risau mengatur waktu luang dan tempat untuk buka bersama, karena setiap hari kita bisa berbuka bersama tanpa harus mengatur dimana dan kapan kita bisa buka bersama, dan itulah hal yang membedakan ketika kita berada di pondok dengan tidak.

Buka bersama merupakan momen yang biasa dilakukan santri pada bulan Ramadhan di pondok pesantren. Para santri berkumpul dan saling berbagi lauk dan takjil. Momen tersebut menjadikan bulan ramadhan menjadi lebih berkesan. Momen tersebut tentunya akan di rindukan ketika nanti santri sudah tidak berada di pondok.

kebersamaan yang kita dapatkan di pondok bagaikan sebuah barang antik yang sulit dicari dan mahal harganya. Maka mari nikmati kebersamaan ketika kita masih berada di pondok pesantren, karena momen-momen tersebut adalah momen yang sulit di ulang kembali dan pasti akan kita rindukan suatu saat nanti.

Baca Juga:  Serba-Serbi PKR 1445 H: Lomba Kampung Ramadan

Pewarta : Sabrina Amelia Putri

Dokumentasi : Arsip Media Komplek Q