Wujudkan Santri Berdaya: Paragon Goes To EL-MUNA Q

Wujudkan Santri Berdaya: Paragon Goes To EL-MUNA Q

Diposting pada 87 views

Sabtu (23/03), Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q berkesempatan mendapat kunjungan dari PT. Paragon Technology and Inovation. Sebagai tujuan terakhir setelah beberapa Pesantren-Pesantren lain di Indonesia dari program Ramadan-nya Paragon Goes To Pesantren yang selalu diadakan setiap bulan Ramadhan setiap tahunnya.

PT. Paragon Technology and Inovation sebagai perusahaan kosmetik lokal terbesar di Indonesia yang didirikan oleh Ibu Nurhayati Subakat sejak tahun 1985. Dengan nama sebelumnya adalah PT. Pusaka Tradisi Ibu. Paragon akhirnya memproduksi kosmetik dengan merk Wardah Cosmetic yang menjadi pionir brand halal di Indonesia. Paragon berkembang pesat hingga mendapat banyak penghargaan sampai saat ini dan telah menghasilkan banyak produk kosmetik ternama.

Baca Juga:  Komplek Q Adakan Kunjungan Perpustakaan

Acara dimulai pada pukul 08.30 pagi di halaman mushola barat Komplek Q, dengan dibagikannya gift by Wardah Cosmetic dan Kafh sebagai salah satu dari banyaknya brand milik PT. Paragon, kepada seluruh santri Komplek Q. Hal tersebut membuat antusiasme para santri dalam memulai acara pada hari ini meningkat dan semangat. Belum lagi banyak kuis-kuis berhadiah dengan pertanyaan ringan yang diberikan oleh sang moderator pada tiap sela-sela acara berlangsung.

Wujudkan Santri Berdaya: Paragon Goes To EL-MUNA Q

Acara yang kedua adalah sambutan yang disampaikan oleh Ketua Pondok Pesantren Komplek Q sebagai pembukaan acara dan ucapan terimakasih kepada staff PT. Paragon serta para tamu undangan. Dilanjutkan sambutan oleh bapak HB Arifin dari NU Cricle.

Sambutan selanjutnya oleh bapak Dwi S. sebagai perwakilan dari Paragon. beliau menceritakan secara singkat bagaimana perjuangan Ibu Nurhayati Subakat dalam mendirikan PT. Paragon Technology and Inovation. Dari hanya dua orang, sekarang memiliki lebih dari 12.000 karyawan. Dari hanya satu cabang, merangkak menjadi kantor, rumah, dan pabrik. Akhirnya, sekarang telah memiliki pabrik berhektar-hektar.

Baca Juga:  Seminar bersama Gus Rifqil dan Ning Imaz

Acara selanjutnya yaitu penyerahan dana zakat dan produk Paragon untuk Yayasan Pondok Pesantren El-Muna Q. Diserahkan oleh Bapak Dwi S. kepada Ketua Pondok Pesantren El-Muna Q. Dan kemudian dilanjut acara inti yaitu Talkshow Self-Love oleh kak Himma Ahsana. Beliau adalah seorang influencer, kreator video, serta penulis buku “Tuhan Kemanakah Aku Harus Melangkah?” dan Mahasiswi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam semester 6 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Wujudkan Santri Berdaya: Paragon Goes To EL-MUNA Q

Self-Love adalah mencintai diri, bukan dengan membebaskan diri atas kemauan diri sampai melanggar aturan Allah. Namun, dengan sebaik mungkin menjaga diri dari api neraka sebagai seorang muslim. Jadi, kita tetap harus mematuhi aturan dan dibarengi dengan mengoptimalkan dan memanfaatkan potensi dirinya.

Struggle utama yang banyak dialami dalam Mencintai diri adalah mempunyai standar yang salah, merasa tidak cukup, dan sering membandingkan diri sendiri dengan oranglain. Sehingga, akhirnya kita seringkali merasa Insecure.

Cara agar kita bisa Self-Love, yaitu : pertama, mengenal diri sendiri (kekurangan dan kelebihannya); kedua, be the best version of you (membandingkan diri sendiri dengan diri sendiri yang lalu, bukan dengan orang lain. Gali banyak ilmu dan jangan mager); design your own future (setiap orang memiliki tujuan berbeda, jadi langkah dan prosesnya pun berbeda.)

Baca Juga:  Kunjungan Media: Komplek Q X An-Nawawi Berjan

What should I do? Belajar dan explore sebanyak-banyaknya, manfaatkan apa saja yang sekarang menjadi milik kita, serta saling memberi manfaat dengan sesama teman, atau oranglain, kemudian evaluasi diri. Berdayalah untuk diri sendiri, sehingga bisa memberi manfaat kepada orang lain.

Pada akhir Talkshow, diadakan sesi Tanya jawab dengan tiga kesempatan bertanya. Kemudian penyerahan bingkisan kepada Kak Himma oleh Paragon. Banyak sekali kuis yang dibuat oleh Paragon, dan pertanyaan yang diberikan merupakan seputar Produk milik Paragon. Dan setiap santri yang berhasil menjawab kuis, maupun yang bertanya ketika diberi kesempatan Tanya jawab mendapat hadiah berupa brand-brand dari Paragon.

Acara selanjutnya adalah sharing session oleh HRD Paragon tentang Menjaga Kebersihan dan Merawat Diri. Beliau menjelaskan kiat-kiat menjaga kebersihan anggota tubuh, serta bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh dan kulit dari dalam maupun luar. Dan acara yang terakhir ditutup dengan beauty class yang dilaksanakan di Aula Komplek Q dengan kuota yang diberikan sangat terbatas hanya 30 peserta.

 

Pewarta: Fariha Fauziah

Foto: Arsip Media Komplek Q