Wisuda Perdana MTs Tahfidz El Muna Q, 100 Persen Lulus dan Sekolah Beri Banyak Penghargaan

Wisuda Perdana MTs Tahfidz El Muna Q, 100 Persen Lulus dan Sekolah Beri Banyak Penghargaan

Diposting pada 79 views

Sebanyak 25 siswi angkatan pertama MTs Tahfidz El Muna Q ikuti prosesi wisuda di Burza Hotel Yogyakarta, Sabtu (8/6). Acara dibuka dengan lantunan ayat suci al-Quran oleh Zayyana Alifa Putri dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Yalal Waton bersama seluruh tamu undangan.

Wisuda angkatan pertama ini turut dimeriahkan oleh penampilan Hadrah Tsamuna dan Tari Ratoh Jaro dari grup Tari Rajomuna MTs Tahfidz El Muna Q. Dalam sambutannya, Kepala Madrasah MTs Tahfidz El Muna Q, Widyaningsih, M.S.I. memberikan motivasi kepada wisudawati. “Perlu diingat bahwa ini bukanlah akhir perjuangan kalian tapi ini adalah permulaan kalian menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Wisuda Perdana MTs Tahfidz El Muna Q, 100 Persen Lulus dan Sekolah Beri Banyak Penghargaan

Baca Juga:  MI Tahfidz El Muna Q Gelar Haflah Takharruj Perdana dan Harlah Ke VI

Selain kepala madrasah, Ketua Yayasan (H. Kholid Arif Rozaq), Kepala Seksi Pendidikan Kabupaten Bantul (Ahmad Musyadad, S.Pd.I., M.S.I., sampai perwakilan wali murid (Dr. Joko Hadi Purnomo, M.Si., M.E.) turut memberikan sambutan.

Dalam kesempatan kali ini, Gus Kholid meyampaikan rasa syukur atas kelulusan siswi di madrasah yang juga mau mondok selama 3 tahun ini. “Mondok di usia SMP itu bagi saya menjadi sesuatu yang wajib karena di usia itulah karakter seorang anak dibentuk.”

Tak hanya itu, Gus Kholid juga menambahkan bahwa pembentukan makhorijul huruf di usia anak atau remaja lebih mudah daripada di usia dewasa. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pembacaan tahlil dengan dipimpin oleh Ibu Nyai Hj. Luthfiyah dan diikuti oleh seluruh undangan.

Wisuda Perdana MTs Tahfidz El Muna Q, 100 Persen Lulus dan Sekolah Beri Banyak Penghargaan

Baca Juga:  Komplek Q Gelar Haflah Khotmil Qur'an MTPA

Usai Tahlil, acara selanjutnya adalah prosesi wisuda. Dalam kesempatan ini, ijazah diberikan oleh Ibu Nyai Hj. Khusnul Khotimah Warson dan Ibu Nyai Hj. Umi Salamah. Dalam prosesi wisuda ini, wisudawati melantunkan nadzom Tuhfathul Athfal, Maqsud, dan Shorof Krapyak.

Setelah itu terdapat pengumuman penghargaan siswi berprestasi yang dibagi menjadi 2 kategori; akademik dan tahfidz. Adapun penghargaan siswi dalam bidang akademik diberikan kepada Ananda Najma Kamila Husna (Nilai ASPD tertinggi), Nirmala Finsihatih (Nilai AM tertinggi), dan Vadiayeisha Sovines (Karya terbaik).

Kemudian penghargaan Tahfidz diberikan kepada siswi dengan perolehan hafalan di atas 9 juz, yaitu Maulida Zahwa Kamila (10 juz), Vivin Qurrotul Vadia (10 Juz), Salma Aliyatur Rohmah (11 Juz), Zamira Alfa Shella (12 juz), Najma Kamila Husna (12 juz), Naira Jihara Maknunah (13 juz), Naila Salsabila (15 juz), Nirmala Finsihatih (15 juz), Jelita Anggraeni (15 juz), Anna Althofun Nisa (17 juz), dan Afkarina Purnama (22 juz).

Baca Juga:  Kisah Santri Angkatan Pertama MTPA (Madrasah Tahfidz Putri Anak-anak) Komplek Q Krapyak

Acara ditutup dengan lantunan lagu Mahaguru oleh wisudawati dengan iringan  biola oleh Luthfiana Fathira. Setelah itu siswi memberikan setangkai mawar putih kepada masing-guru sebagai ungkapan kasih sayang dan Terimakasih atas 3 tahun yang sudah berlalu.

 

Pewarta: Dewi Habibatul A.

Foto: Arsip Media Komplek Q