Divisi Perpustakaan Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q menggelar Training Mengelola Perpustakaan dengan pembicara pustakawan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Yogyakarta, Zulfa Kurniawan, SIP. di ruang perpustakaan Komplek Q, Minggu (05/01). Terdapat 20 peserta dari santriwati Komplek Q yang berpartisipasi dalam acara ini.

“Tujuan dari training ini supaya kita mengetahui cara mengembangkan perpustakaan ini sesuai dengan kaidah dan aturan yang ada, langsung dari ahlinya”, ungkap Qurrotul A’yun—koordinator Divisi Perpustakaan.

Selain menyampaikan beberapa aturan dalam pengelolaan buku perpustakaan, pembicara juga memberikan contoh secara langsung menggunakan beberapa buku yang tersedia di ruang perpustakaan Komplek Q. Seperti dalam memberikan nomor pada koleksi buku hingga penataan buku yang sesuai dengan aturan.

Pemateri juga memberikan beberapa saran dan masukan untuk perpustakaan komplek Q, salah satunya berupa adanya pojok-pojok baca sebagai solusi terkait ruang perpustakaan yang kurang luas dan buku yang cukup banyak.

“Sebetulnya tidak harus satu perpustakaan yang luas, jadi sekarang itu eranya juga mungkin disini sebagai perpustakaan pusatnya. Akan tetapi, kita bisa membuat pojok baca yang berada di sudut-sudut komplek yang tersebar. Sehingga mungkin buku yang masuk di sini bisa tersebar di beberapa titik asrama yang ada di komplek Q, tentu saja nanti juga aksesnya lebih gampang” ujar Zulfa.

Tidak hanya itu, terkait dengan ruangan perpustakaan Komplek Q yang masih terlihat sederhana, pembicara juga memberikan saran untuk melakukan perbaikan berupa cat dengan warna cerah dan menambahkan pernak pernik serta beberapa kata motivasi terkait minat baca.

Oleh: Avita Rahma

Leave a Comment