Ungkapan Syukur Alhamdulillah seharusnya banyak kita ungkapkan  di tahun ini karena masih dapat bertemu dan turut merasakan mulianya  bulan Ramadhan. Bulan yang penuh dengan keberkahan, penuh kemuliaan, dan ampunan dari Allah SWT. Banyak orang menanti akan kehadiran bulan Ramadhan. Namun karena kondisi masih pandemi, banyak kegiatan yang biasanya menjadi rutinitas di bulan Ramadhan tidak bisa diselenggarakan seperti biasa.

Walaupun masih pandemi, tetapi di bulan Ramadhan ini, kita tidak boleh melewatkan banyak kemuliaan yang sudah Allah berikan, karena di bulan Ramadhan ini menjadi bulan yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan bulan-bulan lain, diantaranya:

  • Bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya alQuran

Di dalam Al Quran surah Al Baqarah: 185, menjelaskan tentang bulan Ramadhan yang dipilih menjadi bulan diturunkannya al-Quran sebagai petunjuk untuk umat manusia.

  • Dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka

Di dalam kitab sahih bukhari, disebutkan suatu hadis yang artinya:

“Apabila datang bulan Ramadhan maka pintu pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan yang jahat dibelenggu” (HR Ahmad)

  • Bulan yang penuh berkah dan pengampunan
  • Dilipat gandakan pahala di bulan Ramadhan

Tidak seperti di bulan-bulan biasanya, semua ibadah dan amal sholeh yang dilakukan di bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat.  Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak amal kebaikan dan meninggalkan maksiat.

  • Terdapat malam yang lebih baik dari 1000 bulan

Malam tersebut merupakan malam Lailatul Qadar. Malam yang lebih baik dari seribu bulan. Keistimewaan ini terdapat dalam Al Quran surah Al Qadr” 1-5. Malam Lailatul Qadar yang terdapat di 10 malam terkahir di bulan Ramadhan.

  • Mustajabnya doa di bulan Ramadhan
  • Bulan yang mengajarkan sabar dan meningkatkan ketakwaan

Puasa di bulan Ramadhan mengajarkan kita tentang sabar menahan hawa nafsu seperti, menahan lapar, haus, dan hal-hal yang membatalkan puasa. Kesabaran tersebut yang menuntun kita kepada ketakwaan dan penghambaan diri kepada Allah serta membebaskan diri dari penyakit hati yang dapat menurunkan ketakwaan.

Atas besarnya keagungan bulan Ramadhan, Nabi bersabda “Seandainya semua manusia mengetahui besarnya rahmat yang diturunkan di bulan Ramadhan, pasti mereka mengusulkan agar satu tahun penuh berisi Ramadhan”

Oleh karena itu, bulan Ramadhan ini menjadi waktu yang tepat bagi kita semua memaksimalkan diri menjadi orang yang semakin bertakwa. Semoga kita semua mendapatkan keberkahan di dalam bulan Ramadhan ini dan diberikan kesempatan untuk bertemu dengan Ramadhan berikutnya. Amin

Oleh: iqna

Photo by Ahmed Aqtai from Pexels

Sumber:

https://islam.nu.or.id
https://bangkitmedia.com

Leave a Comment