Sejarah Hari Binatang dan Regulasi Perbinatangan   

Dilansir dari greeners.co World Animal Day atau Hari Binatang Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Oktober sejak tahun 1931, ditetapkan di Florence, Italia.  Dipilih sebagai Hari Binatang Sedunia karena pada tanggal tersebut diadakan pemberkatan binatang oleh Fransiskus dari Assisi, seorang pecinta alam dan pelindung binatang dan lingkungan.Tujuan adanya Hari Binatang Sedunia adalah untuk menghargai segala jenis binatang yang ada di dunia. Pada hari peringatan ini, biasanya tim penyelamat binatang dan berbagai organisasi satwa liar akan melakukan kegiatan pengumpulan dana, bazar, dan lain sebagainya. Atau pemberian penghargaan terhadap individu, sekelompok orang, atau lembaga yang dianggap telah memberikan kontribusi terbaik pada dunia binatang.

Hal-hal yang mungkin diharapkan binatang saat Hari Hewan Sedunia:

  1. Banyak hal yang seharusnya bisa dilakukan oleh majikan untuk binatang peliharaannya. Sebut saja membawa kucingnya ke spa khusus hewan untuk memanjakannya, atau mengajaknya jalan-jalan dan bermain agar si kucing ikut merasakan peringatan Hari Hewan Sedunia.
  2. Bagi pekerja yang memanfaatkan binatang sebagai tenaganya, seperti delman dan  sirkus binatang, mungkin memberikan libur kerja bisa menjadi salah satu kebahagiaan  kecil yang bisa dirasakan para hewan untuk merayakan Hari Hewan Sedunia.
  3. Dalam rangka menunjukkan apa yang bisa dilakukan untuk binatang, sejumlah orang dari hampir setiap negara juga memamerkan kreativitas yang dimiliki hewan mereka dan masih banyak hal-hal lainnya.

Kita tak pernah tahu bukan? Mungkin saja tiga hal itu adalah beberapa dari sekian banyak hal yang diharapkan hewan-hewan di dunia. Hehe

Mungkin kita bertanya-tanya kenapa sih harus ada hari hewan sedunia segala? Karena hal apapun, dalam bentuk apapun, oleh siapa pun,  jika memberi kebaikan bagi kita semua atau keuntungan harus diapresi agar orang tersebut merasa lebih semangat untuk  melakukan hal baik yang mungkin orang lain belum mampu melakukan nya. Seperti dokter hewan, pengurus taman ragunan , atau taman binatang lainya, dan bahkan orang-orang yang memelihara seekor hewan di rumahnya juga harus di apresi.

Mari kita lestarikan hewan yang ada di Indonesia serta kita jaga baik-baik agar tak sampai punah.

Selamat Hari Hewan Sedunia!

Oleh:Nasti  sulastri

Foto oleh Anel Rossouw dari Pexels

Sumber : https://mojok.co/terminal/hari-binatang-sedunia-dan-cara-asik-merayakannya/

https://www.liputan6.com/global/read/4078455/hari-binatang-sedunia-2019-ayo-tingkatkan-kesejahteraan-mereka

Leave a Comment