Hari Anak Sedunia: Setiap Anak Punya Kesempatan Sama

Diposting pada 33 views

Hari Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 20 November, yakni dimulai sejak tahun 1945 . Pada perayaan Hari Anak Tahun 2021, PBB mengusung tema yang berjudul “A Better Future for Every Child” atau ‘Masa Depan yang Lebih Baik untuk Setiap Anak’.

Dilansir dari UNESCO beberapa permasalahan anak di dunia seperti putus sekolah, lingkungan yang buruk, dan kesehatan mental. Jumlah anak yang putus sekolah di dunia mencapai 246 juta. Sebanyak 300 juta anak tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara yang tinggi. Pada tahun 2016 sebanyak 62000 remaja meninggal dengan melukai dirinya sendiri. belum lagi ditambah dengan maraknya kekerasan yang dilakukan pada anak.

Semua anak memiliki kesempatan yang sama

Satu dua anak tumbuh dalam pengawasan orang tua yang baik, sisanya meringis kesakitan mengiba kasih sayang. Satu dua bermain riang gembira tanpa rasa cemas sisanya ketakutan walau hanya untuk keluar rumah. Lalu apakah artinya mereka gagal?

Setiap anak lahir dengan kesempatan yang sama, berkembang dan belajar untuk kemerdekaan diri mereka. Setiap anak memiliki kesempatan yang sama dalam memeroleh pendidikan, mendapatkan hak-haknya, dan memiliki kesempatan yang sama untuk mewujudkan cita-citanya. Tak terkecuali dengan anak berkebutuhan khusus (disabilitas), anak-anak dengan keluarga yang kurang harmonis, serta anak-anak yang tumbuh dalam lingkungan kurang memadahi. Mereka semua setara.

UUD Tahun 1945 pasal 31 ayat 1 menyatakan bahwa ‘‘Setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan’’ tak terkecuali bagi anak penyandang disabilitas, tidak memandang suku, ras, agama, warna kulit serta jenis kelamin.

Hari Anak tahun ini seharusnya menjadi momentum penting yang bertujuan untuk menarik perhatian kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia. Dengan memperingati Hari Anak, kita juga senantiasa mengingat untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk mereka, karena sejatinya fungsi meraka sebagai penerus bangsa ditentukan oleh tindakan kita.

Oleh    : Hanifa

Photo By Samer Daboul From Pexels

Sumber:

kompas.com

https://www.un.org/en/observances/world-childrens-day