Hari Kemerdekaan Indonesia “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”

Diposting pada 133 views

Pada hari Rabu, 17 Agustus 2022. Bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaan. Pada “HUT Ke-77 RI” warga Indonesia melaksanakan atau menyelenggarakan upacara, lomba, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Setelah lebih kurang dua tahun Indonesia mengalami vakum sehingga perayaan Hari Kemerdekaan tidak seramai tahun ini karena sedang dalam keadaan wabah covid-19.

Dalam rangka memperingati HUT Ke-77 RI, pemerintah resmi merilis logo serta tema 17 Agustus 2022. Setiap tahun memang mempunyai tema dan logo tersendiri, namun sangat berbeda dan amat berkesan tema pada tahun ini. Bangsa Indonesia ingin bangkit dari krisis ekonomi akibat wabah covid-19. Melalui tema tersebut, Indonesia berkomitmen untuk menjadi negara yang lebih maju dari sebelumnya.

Baca Juga:  HUT RI ke-75: Memaknai Kemerdekaan di Tengah Pandemi Covid-19
Filosofi Logo HUT ke-77 RI

Seperti tema di bawah ini:
“PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT”

Logo tersebut memiliki arti tersendiri dalam tiap karakter visualnya. Mengutip laman resmi Ristekdikti, berikut filosofi logo HUT ke-77 RI selengkapnya:

1. Dua Panah ke Atas (Percepatan dan Pergerakan)
Bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

2. Dua Anak Tangga (Progres dan Pembangunan)
Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progres dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

3. Bagian Atas Terpotong (Demokrasi dan Keterbukaan)
Bagian atas terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

4. Garis Miring dan Sudut Runcing (Semangat Juang dan Garuda Pancasila)
Garis miring dan sudut runcing, yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

5. Dua Garis Melengkung (Sinergi dan Harapan)
Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju.

6. Sudut Penghubung (Penghubung antar Bangsa)
Sudut penghubung melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

7. Siluet Angka 1 (Persatuan Indonesia)
Siluet angka satu melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu. Semoga dengan Tema “Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat” bangsa Indonesia dapat
menanamkan dalam hati serta jiwa generasi muda. Bahwa Indonesia harus segera pulih dan bangkit. Sebagai mana dahulu para pejuang kemerdekan Indonesia 1945 yang tidak mernah merasa lelah untuk merebut hak merdekanya serta rela menaruhkan nyawa, dan tumpah darah untuk menuju bangsa merdeka serta maju.

Oleh: Nasti Khoirunnisa

Sumber: