Upacara Bendera dan Karnaval Memperingati HUT RI ke-77

Diposting pada 132 views

Rabu, (17/08/2022), bertempat di halaman Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta, berlangsung upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun dengan khidmah. Setelah upacara bendera, ada Karnaval Santri dengan partisipan seluruh santri Al-Munawwir Krapyak. Upacara dihadiri oleh para masyayikh dzurriyah Al-Munawwir dan seluruh santri dari berbagai komplek dalam naungan Yayasan Al-Munawwir Krapyak.

Gus Faik Muhammad sebagai pembina upacara menyampaikan beberapa amanah. “Bagi kita, termasuk jihad yang paling utama adalah jihad membela negara, kesatuan negara dan mempertahankan negara. Tidak ada yang lebih baik dari bentuk negara kita kecuali Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah dimusyawarahkan dan disepakati oleh seluruh warga negara Indonesia.”. Kemudian menyanyikan beberapa lagu nasional dipimpin oleh grup paduan suara santriwati Al-Munawwir Krapyak. Setelah upacara bendera, ada penampilan marching band oleh adik-adik MI Tahfidz El-Muna Q.

Baca Juga:  Mengenang Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia
Karnaval Santri

Setelah upacara dan penampilan marching band, pembukaan karnaval santri oleh Gus Ahmad Munadi yang memotong pita sebagai tanda start dari karnaval. Marching band menjadi urutan terdepan formasi barisan karnaval, kemudian santri MTPA (Madrasah Tahfidz Putri Anak), MTPR (Madrasah Tahfidz Putri Remaja), SMK, dan terakhir Mahasiswa. Start rute karnaval dari halaman Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak dan finish-nya kembali lagi ke halaman Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak. Dengan bertemakan “Kemerdekaan” para peserta karnaval menampilkan kekreatifan dalam berkostum sesuai ide yang mereka miliki, serta menyanyikan yel-yel yang telah mereka buat, yel-yel menambah kemeriahan dan keantusiasan mengikuti karnaval ini.

Juri melakukan penilaian di sepanjang jalan mulai dari halaman hingga finish. Setiap peserta karnaval berjalan sesuai rute dengan tetap pada kesopanan, kesantunan, dan menjaga kerapian kreatifitas mereka hingga akhir karnaval. Karnaval selesai pada siang hari, meskipun lelah berjalan tetapi berkesan. Keceriaan dan keantusiasan sebagai bentuk khidmah memeriahkan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Semoga negara Indonesia tetap dalam pertahanan negara menghadapi segala tantangan dan hambatan serta tetap makmur sejahtera bangsanya.

Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Dirgahayu Indonesia!

Oleh: Zia Zahra Hudaya

Foto: Dokumentasi Pribadi