Hari Palang Merah Internasional

Hari Palang Merah Internasional 2022: #BeHumanKIND

Diposting pada 8 views

Hari Palang Merah Internasional diperingati setiap tanggal 8 Mei sejak tahun 1948. Tujuan dari peringatan Hari Palang Merah Internasional adalah sebagai wujud terima kasih kepada para aktivis kemanusiaan. Lalu, apa tema peringatan Hari Palang Merah Internasional 2022? Bagaimana sejarah Peringatan Hari Palang Merah Internasional? Untuk lebih jelasnya, mari simak uraian berikut

Tema Hari Palang Merah Internasional tahun 2022

Dilansir dari IFRC.COM, peringatan Hari Palang Merah Internasional 2022 mengambil tema #BeHumanKIND. Tema yang memuat ajakan agar menjadi manusia yang peduli terhadap sesama dan menyempatkan diri untuk memulai aktivitas kemanusiaan meskipun dari hal kecil, karena setiap perubahan besar dimulai dari hal kecil. 

Baca Juga:  Gus Baha: Menemukan Manisnya Iman dan Sejarah Singkat Kenabian

Sejarah Hari Palang Merah Internasional

Peringatan hari palang merah yang digelar setiap tanggal 08 Mei bertepatan dengan hari kelahiran bapak palang merah internasional. Henri Dunant, lahir di Genewa 08 Mei tahun 1828. Bermula ketika Henri pergi menuju kaisar Prancis, di tengah perjalanan terjadilah pertempuran yang melibatkan pasukan Prancis, Italia, dan Austria. Akibat dari pertempuran tersebut, banyak sekali prajurit yang terluka parah, namun sedikit sekali media kesehatan yang ada. Kemudian, ia mengumpulkan masyarakat untuk membantunya merawat orang yang terluka. 

Dalam bukunya yang berjudul A Memory of Solferino, Henry mengatakan bahwa ia berkeinginan untuk mendirikan organisasi palang merah. Berkat usaha dan kegigihannya, terbentuklah Komite Internasional Palang Merah atau International Committee of Red Cross (ICRC). Pada tahun 1901, ia menerima hadiah Nobel Perdamaian sambil mengeluarkan kutipan, “Tanpa Anda, Palang Merah, pencapaian kemanusiaan tertinggi abad kesembilan belas mungkin tidak akan pernah tercapai.”

Oleh: Hanifa Nur Rahmania

Photo by kabartegal.pikiran-rakyat.com