Pondok-Pesantren-Al-Munawwir-Komplek-Q-LPJ-dan-Rapat-Kerja-Masaga

LPJ dan Rapat Kerja MASAGA

Diposting pada 136 views

MASAGA – Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) dan Rapat Kerja (Raker) Madrasah Salafiyah III (Masaga) diselenggarakan di Pelangi Room Hotel Matahari pada Ahad (19/11). Acara ini kembali diselenggarakan setelah Rapat Kerja Masaga sebelumnya pada tahun 2019 (sebelum pandemi). Tepat pukul 08.00 WIB dimulailah acara oleh master of ceremony.

Mengawali acara, yakni pembacaaan ayat suci Al-Qur’an dan sholawat Nabi oleh Najwa Hulwatus, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Masaga. Setelahnya adalah sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh KH. M. Kholid Arif Rozaq selaku perwakilan pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa LPJ dan rapat kerja kali ini mengalami perubahan dari tahun sebelum pandemi. Juga mengenai rencana studi banding madrasah salafiyah yang belum terealisasikan sebelumnya. Harapan beliau sampaikan semoga acara laporan pertanggung jawaban dan rapat kerja Masaga berjalan dengan lancar.

Dan dapat menghasilkan program kerja yang SMART yakni Spesific (jelas), Measurable (bisa diukur), Achievable (bisa dicapai), Reasonable (masuk akal), dan Timeline (memiliki alur waktu). Maksudnya adalah program kerja yang jelas, sederhana tetapi efektif dan efesien yang nantinya dapat dijalankan dengan baik dan sesuai.

Baca Juga:  LPJ dan Rapat Kerja MASAGA 2019

Sambutan kedua disampaikan oleh pak Agus Najib selaku kepala Madrasah Salafiyah III. Beliau menyampaikan arahan-arahan untuk bagaimana program kerja Masaga dapat dijalankan dengan baik. Hal lain juga tentang rencana studi banding ke madrasah salafiyah yang sebelumnya juga telah disampaikan oleh Gus Kholid. Adanya studi banding ini rencananya untuk dapat membantu meningkatkan dan mengembangkan Madrasah Salafiyah III khususnya dalam kurikulum pembelajarannya.

Selepas sambutan disampaikan, dilanjut pembacaan LPJ Pengurus Masaga bidang Kurikulum, Kesantrian, Humas, Sarana dan Prasarana, Tata Usaha, dan Bendahara. Beserta dengan tanggapan-tanggapannya yang dipimpin oleh Tsalis Wifqi sebagai moderator dan pak Agus Najib sebagai pimpinan sidang. Setelah semua menyampaikan laporan masing-masing bidang, memberi dan menerima tanggapan, lalu diputuskan dengan ketuk palu oleh pak Agus Najib.

Memasuki waktu dhuhur, acara selanjutnya yakni ishoma (istirahat, sholat dan makan). Setelahnya adalah pembacaan gambaran umum Madrasah Salafiyah III beserta tanggapannya oleh Badi’atus Sholichah. Lalu, pembacaan rancangan kerja pengurus Masaga dari setiap bidang beserta dengan tanggapan dari forum. Dan kemudian disahkan dengan ketuk palu oleh pak Agus Najib.

Berakhirlah seluruh rangkaian acara LPJ dan rapat kerja Madrasah Salafiyah III kali ini, acara ditutup dengan doa oleh pak Thoifur dan foto bersama. Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar hingga selesai pada pukul 18.10 WIB.

 

Pewarta: Zia Zahra Hudaya

Foto: Arsip Media Komplek Q