Meneladani Sosok Perempuan Istimewa

Diposting pada 375 views

Sayyidah Fatimah merupakan sosok perempuan yang sangat istimewa, sehingga julukan  az-Zahra sangatlah pantas diberikan padanya. Beliau merupakan putri dari pernikahan baginda Nabi Muhammad saw. dengan Sayyidah Khadijah al-Kubra. Selama hidupnya, Sayyidah Fatimah selalu beribadah, berdzikir, berperilaku mulia, sederhana, dan mengisi hidupnya dengan ketaatan.

Baca Juga Ikhlas Berbeda Dengan Merelakan

Kita sebagai muslimah  sudah seharusnya meneladani akhlak dan perilaku beliau, kita tidak pernah meminta lahir dari rahim siapa, maupun keturunan siapa. Seluruh manusia yang terlahir dari rahim wanita biasa pun dapat dekat dengan Sayyidah Fatimah. Mufi Tarim Al-Habib Ali Masyhur bin Hafidz mengatakan “Wanita yang paling dekat dengan Sayyidah Fatimah di akhirat kelak ialah wanita yang paling sempurna menjaga auratnya, bukan wanita yang paling dekat nasabnya, namun membuka auratnya.” Banyak perbuatan dan perilaku Sayyidah Fatimah yang dapat kita teladani. Akan tetapi, ada beberapa keteladanan dari beliau yang mungkin mudah untuk kita  aplikasikan dalam kehidupan, yaitu:

  • Qona’ah atas ketentuan yang kita terima

Qona’ah berarti merasa cukup atas pemberian. Qanaah dapat menjadi jalur alternatif untuk mengendalikan diri di tengah gemerlapnya dunia. Sifat qona’ah Sayyidah Fatimah tercermin dalam kehidupannya yang sederhana.

  • Meninggalkan perkara yang dapat menghilangkan rasa malu

Dalam hadits terdapat penjelasan bahwa malu merupakan sebagian dari iman. Malu di sini merupakan malu yang positif, malu dalam hal melakukan perbuatan yang tidak boleh dalam syariat, atau malu melakukan perbuatan yang tidak pantas. Sifat malunya perempuan merupakan suatu kehormatan bagi dirinya. Berdasarkan riwayat, Sayyidah Fatimah sangat pemalu. Beliau tidak pernah keluar rumah dan tidak mengetahui orang-orang khususnya laki-laki yang ada di luar rumah, beliau sangat iffah, menjaga diri.

  • Senantiasa membaca Tasbih Fathimah
Baca Juga:  Habib Umar dan Indonesia

Membaca Subhanallah 33x, Alhamdulillah 33x, Allahu Akbar 33x, dan dibaca sebelum tidur.

Pada moment kelahiran Sayyidah Fatimah az-Zahra, wanita berkelas surga, sang pemimpin wanita surga ini hendaknya kita manfaatkan untuk lebih mengenal beliau, menelisik lebih jauh tentang sejarah kehidupan dan kepribadian beliau agar kita dapat meneladani dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita dapat berjumpa dengan Sayyidah Fatimah dan mendapatkan syafaat dari beliau di akhirat kelak, amin.

Oleh: Syarifah Rufaida

Sumber :

Photo by Mohamed Nohassi on Unsplash