Dikutip dari idntimes.com apresiasi diri atau self appreciation merupakan salah satu cara seseorang agar dapat meningkatkan kehidupan menjadi lebih baik. Self appreciation dapat membuat seseorang merasa lebih percaya diri, semangat dalam bekerja, dan membuat pikiran menjadi tenang. Dalam KBBI, apresiasi memiliki pengertian; kesadaran terhadap nilai seni dan budaya; penilaian (penghargaan) terhadap sesuatu. Lalu mengapa apresiasi diri itu penting?

Seringkali kita melakukan sesuatu dengan maksimal sampai lupa untuk menghargai diri sendiri. Alhasil, jika sesuatu yang sedang kita kerjakan tidak sesuai apa yang kita harapkan, kita menjadi lebih mudah untuk menyalahkan diri sendiri. Padahal, tanpa disadari kita sudah mengupayakan sesuatu itu semaksimal mungkin dari dalam diri kita. Oleh karena itu, penting menyadari bahwa self appreciation perlu dilakukan.

Eits, tapi bukan berarti sedikit-sedikit apresiasi, sampai-sampai sesuatu yang belum selesai kita kerjakan, kemudian disepelekan dengan berdalih apresiasi diri. Jadi, bagaimana cara melakukan apresiasi diri yang tepat?

Sebenarnya, banyak hal-hal kecil yang bisa kita lakukan untuk apresiasi diri. Namun, seringkali kita lupa dan grusa-grusu sehingga mengesampingkan hal-hal kecil tersebut. Berikut terdapat beberapa cara agar kamu lebih menghargai dirimu sendiri.

Awali hari dengan memuji diri menggunakan kata-kata motivasi

Memuji diri bukan berarti kita sombong, tetapi memuji diri menggunakan kata-kata positif sebelum beraktivitas adalah salah satu cara apresiasi diri yang paling penting. Kata-kata positif akan membangun mood yang baik dari dalam diri sehingga apa pun yang kita kerjakan akan lebih memiliki energi. Sebaiknya kamu memuji diri dengan kalimat-kalimat motivasi, hal ini perlu dilakukan agar kamu selalu berusaha menjadi lebih baik lagi.

Luangkan waktu bersama orang-orang terkasih

Meluangkan waktu bersama orang-orang yang kita sayangi merupakan satu hal yang harus dilakukan. Hal ini dapat membuat perasaanmu menjadi lebih tenang dan nyaman. Ketika bersama orang-orang terkasih dapat meningkatkan perasaan bahagia sehingga kesehatan mental juga meningkat.

Berikan hadiah pada diri sendiri

Kita tak perlu takut gengsi karena memberi hadiah pada diri sendiri. Kita bisa melakukannya dengan menyisihkan sebagian uang untuk membeli atau membelanjakan sesuatu yang kita inginkan. Akan tetapi, hal ini juga harus disesuaikan dengan kondisi keuanganmu. Jangan jadikan hal ini sebagai kesempatanmu untuk berperilaku boros. Ingat ya, secukupnya saja. Jajan makanan yang enak atau beli sesuatu yang sudah lama kamu inginkan.

Berolahraga secara teratur

Kalau kamu hanya sibuk mengejar target, kamu pasti tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya kamu meluangkan sedikit waktumu untuk berolahraga, kecil-kecil saja seperti joging keliling rumah, melakukan pemanasan ringan atau bahkan berlari bersama teman-temanmu. Dengan berolahraga secara teratur, maka tubuh akan menjadi lebih fit.

Manjakan dirimu dengan liburan

Siapa sih yang nggak suka liburan? Betapa pun ambisiusnya kita, pasti akan ada titik di mana kita merasa sangat jenuh dan butuh liburan. Liburan akan membuat pikiran lebih fresh, tenang, dan bahagia. Namun, bukan berarti menghambur-hamburkan uang ya. Banyak liburan yang bisa dilakukan dengan biaya yang lebih sedikit. 

Dengan melakukan hal-hal yang sudah disebutkan, kamu akan lebih menghargai dan mencintai dirimu sendiri. Tidak perlu muluk-muluk, secukupnya saja. Berlebihan kan tidak baik. Love yourself first!

Oleh: Paus

Sumber:

Ilustrasi oleh colorful.zone

Leave a Comment