Mbak Rifka (kanan)
Mbak Rifka (kanan)

Mengenal Sosok yang Sudah ‘Kita’ Kenal

Diposting pada 114 views

Rifka Zammilah, sosok karismatik, dan berjiwa keibuan merupakan Lurah Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q Periode 2015-2016. Ia lulusan Matematika UIN Sunan Kalijaga tahun 2015. Kepandaian dan juga keramahannya sudah dikenal seantero Komplek Q, bahkan Krapyak pada globalnya.

Kini ia masih berkontribusi untuk komplek Q, yaitu sebagai pengampu pelajaran Akhlak  di komplek pelajar Q9, dan juga sebagai roisah Pengajian Quran. Selain itu, ia juga andil dalam cetakan ke-tiga buku “Jejak Sang Pionir Kamus Al Munawwir  K. H. A. Warson Munawwir”. Hal ini merupakan bentuk pengabdiannya terhadap Komplek Q.

Santri, ngabdi marang kyai, sudah sepatutnya seorang santri meneladani dan diteladani. Meneladani kepemimpinan para pengasuh, mencontoh cara memimpin, bersikap sejajar layaknya santri, bisa dilihat dalam diri Mbak Rifka–sapaan akrabnya. Diteladani, ulet, dan juga bertanggung jawab dalam mengemban tugas serta ketenangan selalu menyelimuti dalam menyelesaikan segala masalah. Sifat kasih dan pengertiannya, kerap kali ia tunjukkan kepada teman sejawat maupun adik santrinya. Loyal orangnya, tidak sedikit teman yang berbagi keluh kesah, meminta pendapat maupun masukan.

Santri berkarya untuk Negeri. Belajar menyeimbangkan pondok-kuliah, pondok-sekolah. Nderek dawuh Bapak Kyai Warson, “Mondok nyambi kuliah tur mondok nyambi sekolah”, merupakan salah satu tugas seorang lurah dan jajarannya sebagai salah satu penata skenario pesantren agar teman-teman santri bisa belajar memahami nasihat tersebut. Lurah satu ini patut dijadikan teladan, tulisannya banyak dimuat di koran, di antara karyanya adalah “Dr. Matematika: Mengenalkan Geometri Ruang” yang diterbitkan oleh PT Balai Pustaka (Persero), 2012.

Layaknya santri belajar mandiri, belajar menghargai, saling tolong-menolong, banyaknya tugas jangan sampai melemahkan semangat belajar, menyeimbangkan keduanya (pondok-kuliah, pondok-sekolah), tetap mengikuti ajaran para pendahulu-pendahulu, siap berbakti dan berkarya untuk negeri.

Baca Juga:  KH. Hasyim Asy’ari, Sang Pendiri NU dan Seorang Pahlawan Nasional

Semoga kita sebagai santri dapat meneladani kebaikan-kebaikan yang telah dicontohkan oleh Mbak Rifka.

Oleh: Cucun Nur Kumala

Foto: Dokumentasi Komplek Q Tahun 2016, Mbak Rifka (kanan)