Menyikapi Kenyataan

MENYIKAPI KENYATAAN YANG TAK SESUAI DENGAN HARAPAN

Diposting pada 60 views

Kita semua pasti pernah mengalami rasa kecewa karena kehidupan tidak sesuai dengan keinginan sehingga kita perlu menyikapi kenyataan tersebut. Ada yang mengatakan bahwa hidup itu penuh dengan misteri. Kita sebagai manusia tidak ada yang tau apa yang akan terjadi di waktu yang akan datang. Entah itu berupa kebahagiaan ataupun kesedihan.

Pada hakikatnya manusia hanya bisa merencanakan disertai dengan ikhtiar, untuk hasil akhirnya kita hanya bisa pasrahkan semuanya kepada sang pencipta agar kita tidak merasa kecewa yang begitu dalam. 

Lalu bagaimana respon diri kamu, ketika kenyataan tak sesuai dengan apa yang kamu harapkan? Pastinya kecewakan? Sedih? Bahkan sampai putus asa dan menyalahkan takdir yang sudah ditentukan. 

Baca Juga:  Tinggalkan Insecure, Mulai Bersyukur

Memang saat harapan kita tak berjalan sesuai dengan kenyataan, pastinya kita akan bersedih. Sebab usaha yang sudah kita lakukan tak membuahkan hasil yang baik, tetapi kita tidak boleh sedih hingga berlarut-larut yang justru malah semakin membuat kita rugi sendiri. Lebih baik kita bangkit tumbuhkan semangat baru untuk berjuang lebih kuat dan tetap optimis.

Cara-cara menyikapi kenyataan apabila tidak sesuai harapan 
  1. Syukuri atas apa yang sudah kamu terima sekarang. Hasil yang tidak sesuai dengan rancangan dan harapan pasti mengajarkan hal baru dan pengalaman baru, seperti mengajarkan kita untuk lebih banyak bersabar jadi syukuri saja apa yang menjadi takdir walaupun tidak sesuai dengan harapanmu.
  2. Cobalah untuk menghadapi kenyataan yang jauh dsri bayangan. Meskipun berat tetap jalani dan hadapi saja apa yang ada di depanmu karena hal tersebut akan membuat dirimu menjadi lebih tangguh, yakin, dan berani.
  3. Bangkit dengan semangat baru. Jangan karena harapan kita tak sesuai dengan kenyataan malah membuat kita menjadi putus asa. Justru ketika harapan tak sesuai dengan kenyataan memberikan kesempatan untuk terus berkembang dan memperbaiki diri. Jadi lebih baik bangkit dan tumbuhkan semangat baru agar bisa berjuang lebih kuat lagi dari sebelumnya.
  4. Buatlah plan B atau jalani plan B sesuai dengan rencana yang sudah disusun. Dalam membuat rencana tentu kita harus membuat plan B sebagai cadangan agar ketika rencana awal yang dibuat tidak berjalan dengan baik maka segera tinggalkan dan segera lakukan rencana yang kedua.
  5. Jangan lupa untuk melibatkan Allah dalam perjuanganmu. Mungkin perjuanganmu sebelumnya kamu hanya berjuang sendiri, tetapi perjuanganmu selanjutnya selalu libatkanlah Tuhan dalam segala tujuanmu. Karena semua cita-citamu ada dalam genggaman-Nya.

Ingat hidup tak selalu sesuai dengan impian, maka sabar dan terus berikhtiarlah kuncinya. Tetap bersyukur apapun yang sedang kamu jalani dan terus berdoalah. Karena Allah selalu memberi yang terbaik untuk Umat-Nya. 

Oleh : Usrotul Laela 

Sumber:

idntimes.com

jatim.nu.or.id

Photo by Sasha Freemind on Unsplash