Al_Munawwir_Komplek_Q_Haflah_Takharruj_1

MI Tahfidz El Muna Q Gelar Haflah Takharruj Perdana dan Harlah Ke VI

Diposting pada 143 views

Senin (12/06/2023) — Untuk pertama kalinya, MI Tahfidz El Muna Q gelar Haflah Takharruj sekaligus memperingati Harlah yang ke-VI. Diselenggarakan di hotel Ros In Yogyakarta dan disiarkan langsung melalui YouTube Al-Munawwir Komplek Q, memungkinkan orang-orang dari berbagai tempat untuk menyaksikan momen bersejarah ini.

Sebanyak 25 wisudawati di antara mereka memiliki hafalan dengan rentang 5 hingga 20 juz. Ini adalah salah satu program unggulan dari MI Tahfidz El Muna Q yang telah berhasil mencetak prestasi di bidang tahfidz Al-Quran.

Hadir dalam acara, Kepala Sie. Pendidikan Madrasah Bantul, Ahmad Musyadad, S.Ag., M.S.I; Pengawas Madrasah, M. Kuncoro, M.Pd; Pengawas SD, Rokini, M.Pd dan Sumarni, M.Pd; dan para masyayikh Krapyak serta para tamu undangan. Kehadiran beliau menambah berkah dan keberhasilan acara ini.

Kirab wisudawati menjadi tanda acara dimulai, diikuti pembacaan sari tilawah dan tahlil, hingga memasuki acara inti yakni prosesi wisuda. Setiap peserta wisuda dipanggil secara individu, diumumkan prestasi perolehan hafalannya, dan pemberian ijazah oleh Nyai Hj. Husnul Khotimah Warson dan Nyai Hj. Durrotun Nafisah Ali. Kemudian para wisudawati menampilkan pembacaan nadzom Aqidatul Awwam dan Amtsilati, menunjukkan kemampuan mereka dalam memahami dan mengaplikasikan ajaran agama.

Baca Juga:  MI Tahfidz El-Muna Q Torehkan Prestasi di Ajang Nasional

Setelahnya disampaikan sambutan-sambutan. Dalam sambutannya, Kepala Madrasah, Laily Fauziyah, M.Pd.I menyampaikan kebanggaannya terhadap prestasi yang telah dicapai oleh para wisudawati, baik dari segi akademik maupun non-akademik. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas ketekunan dan semangat belajar mereka yang menjadikan MI Tahfidz El Muna Q meraih peringkat ke-3 dalam nilai rata-rata ASPD Kapanewon Sewon. Ini adalah bukti keberhasilan dari pendekatan pendidikan yang diterapkan oleh MI Tahfidz El Muna Q.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua Yayasan Tahfidz El Muna Q. Dr. H. M. Kholid Arif Rozaq, S.Hut., MM. Menambahkan dari sambutan sebelumnya, bahwa MI Tahfidz El Muna Q meraih peringkat ke-9 dalam nilai rata-rata kabupaten. Beliau amat sangat bersyukur dan berharap pada kelulusan mendatang, peringkat yang diperoleh akan semakin maju.

Ahmad Musyadad, S.Ag., M.S.I, selaku Kasi Dikmad, juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada para wali murid yang telah memberikan kepercayaan dalam menyekolahkan anak-anak mereka di madrasah di bawah Kementerian Agama. Selain itu, ia berharap agar para peserta wisudawati melanjutkan pendidikan mereka di madrasah yang memiliki fokus pada tahfidz Al-Quran, dengan tujuan menyelesaikan hafalan 30 juz.

Sambutan selesai, dilanjutkan dengan prosesi potong tumpeng oleh Nyai Hj, Husnul Khotimah Warson dan Laily Fauziyah, M.Pd.I sebagai simbol ungkapan rasa syukur atas pencapaian para wisudawati angkatan 1 serta merayakan Harlah ke-6 MI Tahfidz El Muna Q. Suasana semakin meriah dengan penampilan Angklung dan Tari Saman yang ditampilkan oleh perwakilan peserta didik MI Tahfidz El Muna Q. Semua itu merupakan persembahan yang disajikan dengan penuh antusiasme.

Doa yang dipimpin oleh Nyai Hj. Ida Fatimah Zainal menjadi penutup dari kegiatan Haflah Takharruj dan Harlah MI Tahfidz El Muna Q.

 

Oleh: Siti Shofia Latifah Azzahra

Foto: Dokumentasi Pribadi