TRAINING PPM 2024: Khidmah Santri, Membangun Negeri !

TRAINING PPM 2024: Khidmah Santri, Membangun Negeri !

Diposting pada 112 views

Ahad, (26/05/2024) diadakannya kegiatan Training PPM di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q. Kegiatan yang diadakan oleh Madrasah Salafiyah III (MASAGA) bertempat di mushola barat Komplek Q ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diperuntukkan oleh santri mustawa khomis sebelum beranjak lulus dari MASAGA.

Santri mustawa khomis mengikuti kegiatan training ini sebagai bekal menjalankan Praktik Pengalaman Mengajar (PPM) pada bulan yang akan mendatang. Selain itu, training ini juga sebagai latihan para santri mustawa khomis dalam menyusun pembuatan Tugas Akhir (TA).

Sesi pertama di pagi hari telah didampingi oleh Ibu Ni’mah Afifah, M.Ag., M.Pd.I. atau biasa dipanggil bunda Ifah yang membahas terkait Strategi Pembelajaran. Diawali tentang bagimana cara mengendalikan mindset dan mental agar siap untuk mengajar. Dilanjut dengan tips dan trik pembelajaran dengan melakukan persiapan seperti menata niat, mengetahui audiens, memahami materi yang akan disampaikan, mengetahui rencana pembelajaran, dan latihan.

Baca Juga:  Training PPM 2022: Membekali Santri Mustawa Khomis, Menuju Akhir yang Manis

Tak lupa dengan gaya bunda Ifah yang sangat positive vibes menambahkan selingan humor yang mendidik. Beliau juga berbicara perihal mindset yang telah ditanamkan oleh Bapak Warson dan Ibu Khusnul yaitu bersyukur dan positive thinking. Diakhiri dengan ice breaking yang sangat menggugah semangat para santri dengan suasana seru dan menyenangkan. Kemudian dilanjut dengan penyerahan sertifikat oleh panitia dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Dilanjutkan pada sesi kedua di siang hari ditemani oleh Kak Nadia Khumairo Ma’shumah, S.S., M.A. dengan tema Metode Penelitian. Beliau menjelaskan perihal tulis ilmiah yang nantinya akan dikaitkan dengan kepenulisan Tugas Akhir (TA) santri. Mulai dari apa saja hal yang harus ada dalam menulis tulis ilmiah, dasar penelitian ilmiah, cara memetakan teori dari judul, komponen dalam kajian pustaka, model penyusunan kajian pustaka dan lain sebagainya. Kemudian dilanjut dengan praktik sitasi menggunakan Zotero. Setelah itu, penyerahan sertifikat dan foto bersama sebagai kenang-kenangan.

Baca Juga:  Training PPM 2021: Berkarya Tanpa Batas, Mengabdi Tanpa Henti

Acara telah terselenggara dengan baik, para santri juga antusias dalam mengikuti acara walaupun waktu pelaksanaan dilakukan dari pagi hingga sore hari. Harapannya semoga kegiatan training PPM ini menjadi awalan untuk para santri agar lebih bertanggung jawab dalam mengemban amanah pondok ketika sudah lulus nanti. Terlepas dari mengambil barokah Bapak Warson dan Ibu Khusnul agar ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat dunia akhirat. Aamiin.

 

Penulis: Kavina Bi’izzika

Pictured by Media Komplek Q